Jaga Stamina Puasa Ramadhan dengan Konsumsi Makanan Seimbang.jpg

Jaga Stamina Puasa Ramadhan dengan Konsumsi Makanan Seimbang

oleh: rachli Life Style Tuesday, 28 April 2020 10:00 a.m.


Mancode - Selain berolahraga, untuk menjaga kebugaran selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan disarankan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi seimbang. Terlebih, saat ini sedang pandemi virus Corona atau Covid-19, di mana harus ekstra menjaga kondisi kesehatan.

Untuk itu, perlu diperhatikan kualitas dari makanan yang dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi akan memberi manfaat bagi tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini, sahur merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk menerima asupan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, dengan tujuan menyediakan energi selama beberapa waktu ke depan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahan menu sahur yang perlu disajikan.

Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat penting selama menjalankan puasa, karena membantu meningkatkan rasa kenyang sekaligus mencegah sembelit. Karena buah maupun sayur memang kaya akan serat.

Makanan Berkarbohidrat

Makanan karbohidrat tinggi serat seperti beras merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Sehingga, mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi dapat mempertahankan tingkat energi yang lebih lama.

Daging

Ayam tanpa kulit dan ikan merupakan salah satu sumber protein yang bagus sembari membatasi asupan lemak. Selain itu, makanan ini membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Telur

Selain daging, telur bisa menjadi pilihan makan sahur sehat karena kaya akan protein, vitamin, dan nutrisi lainnya. Makan sahur dengan telur akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, karena tubuh perlu waktu perlahan untuk mencerna protein.

Kacang-kacangan

Jenis kacang yang baik dikonsumsi saat puasa adalah kacang almond. Kacang almond memiliki kandungan protein dan lemak cukup tinggi. Kandungan ini yang akan membantu tubuh menjadi tetap berenergi selama berpuasa. Kacang almond juga mampu membantu mengembalikan stamina tubuh setelah menjalankan puasa.

Susu

Susu dan berbagai jenis produk olahannya juga mampu menjaga dan mengembalikan stamina tubuh. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan protein, lemak, dan kalsium tinggi di dalamnya. Jenis susu yang biasa dikonsumsi saat puasa adalah susu sapi. Selain susu sapi, yang bisa dijadikan alternatif adalah susu kambing, susu almond, dan susu kedelai.

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Ini Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Baca Juga: Saat Stres, Hindari Bahan Makanan Ini


Share To


rachli

rachli

April 28, 2020, 10 a.m.


tags : Puasa Jaga Stamina Menu Sahur Covid-19 Ramadhan virus Corona Makanan Bergizi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 July 2020 9:00 a.m.

Hilang 6 Hari, Naya Rivera Ditemukan Tewas di Danau Piru

Entertainment 13 July 2020 12:00 p.m.

Duet Jackson Wang X MK Remix '100 Ways'