Jaga Kesehatan Jantung.jpg

Jaga Kondisi Jantung Sejak Dini dengan Kebiasaan Ini

oleh: rachli Life Style Tuesday, 4 February 2020 10:00 a.m.


Mancode - Jantung merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Jantung sendiri merupakan sebuah rongga otot yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Mengetahui peran yang dilakukan oleh jantung sangat penting, tentunya dalam hal menjaga kondisi kesehatan jantung wajib dilakukan sejak dini. Jika tidak, kesehatan jantung akan dengan mudah terganggu dan terserang penyakit.

Faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung kebanyakan merupakan akibat dari gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, obesitas, hingga mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, dan kadar kolesterol tinggi

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara untuk menjaga fungsi jantung agar tetap sehat:

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan penting dan wajib dilakukan untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Aktivitas apapun bisa meningkatkan detak jantung berdebar selama setidaknya 30 menit, atau 20 menit juka intensitas detak jantung berdebar atau cepat.

Konsumsi Makanan Sehat

Beri asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan hindari kalori berlebih. Kurangi mengkonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang banyak mengandung kalori kosong dan tinggi bahan pengawet. Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah secara rutin.

Berhenti Merokok

Banyak dampak buruk yang disebabkan akibat kegiatan ini, seperti kanker mulut, paru-paru, hingga penyakit jantung. Apabila kegiatan ini masih dilakukan dan pernah terkena serangan jantung sebelumnya, akan meningkatkan risiko kematian lebih besar dibandingkan sebelumnya. Jika kesulitan menghilangkan kebiasaan ini, baiknya konsultasikan pada dokter atau konselor untuk dapat sepenuhnya berhenti merokok.

Kelola Stres

Jangan meremehkan stres. Padahal, stres juga bisa menjadi penyebab bagi kesehatan jantung. Ketika stres, detak jantung akan meningkat, otot menegang, dan tekanan darah menjadi naik. Jika hal ini berlangusng dan dibiarkan dalam waktu lama, akan memengaruhi kesehatan jantung. Biarkan diri bersantai sejenak untuk melepas penat dari segala aktivitas atau kepenatan saat bekerja. Hal ini juga bisa didapat dengan mengombinasikan aktivitas santai namun menyehatkan jantung seperti bersepeda.

Baca Juga: Gus Sholah Meninggal Dunia, Ini Profil Singkatnya

Baca Juga: Kenali Virus Corona dan Cara Penularannya

Baca Juga: J.CO RUN 2020 Siap Digelar


Share To


rachli

rachli

Feb. 4, 2020, 10 a.m.


tags : Jaga Kondisi Jantung Konsumsi Makanan Sehat Jantung adalah organ vital kondisi kesehatan jantung Jantung


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'