Jaga Kebiasaan Baik Ini Paska Lebaran.jpg

Jaga Kebiasaan Baik Ini Paska Lebaran

oleh: rachli Life Style Wednesday, 27 May 2020 13:00 p.m.


Mancode - Usai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan, seluruh umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Dalam perayaan tersebut, tersimpan berbagai pengharapan yang besar, salah satunya adalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari berbagai sisi kehidupan.

Untuk menjadi pribadi yang baik paska hari raya, ada baiknya tetap mempertahankan kebiasaan baik yang dibentuk atau dilakukan saat bulan Ramadhan. Likee, sebagai platform pembuatan video pendek, turut membagikan sejumlah hal baik untuk tetap dilakukan paska Lebaran di antaranya:

Mengatur Pola Makan

Puasa Ramadhan yang dijalankan selama sebulan penuh memberikan berbagai manfaat bagi mereka yang menjalankannya, termasuk pola makan sehat. Dengan berpuasa, masyarakat dapat mencegah konsumsi berlebih dan cenderung makan teratur sesuai jam buka dan sahur. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa jam makan dapat menjadi tantangan tersendiri saat belum terbiasa.

Menanamkan Sikap Saling Menghargai dan Open-Minded

Saat umat muslim sedang berpuasa, masyarakat yang tidak berpuasa cenderung menghargai mereka dengan meminta izin atau memisahkan diri saat hendak makan dan minum. Selain itu, mengamati orang yang berpuasa dapat melatih diri untuk menjadi pribadi yang open-minded.

Saat tidak mengerti mengapa umat muslim berpuasa, orang yang open-minded tidak bersikap judgemental terhadap kepercayaan orang lain berdasarkan ilmu yang diketahui, namun melihatnya dari berbagai sudut pandang sehingga dapat memahami dan terbuka untuk hal-hal baru di sekitarnya.

Sikap ini tentu tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orang lain. Berbekal sikap tersebut, tak sedikit non-muslim yang mencoba untuk berpuasa dan merasakan manfaatnya.

Memaknai Arti Suatu Hal Secara Keseluruhan

Ramadhan bukan hanya tentang berpuasa tetapi terdapat berbagai elemen lain, seperti mengaji, membayar zakat, dan lain sebagainya. Segala komponen tersebut juga memiliki makna tersendiri misalnya puasa yang tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi menahan diri dari melakukan perbuatan buruk.

Ketika dimaknai lebih dalam, dengan berpuasa, masyarakat dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dan dapat mensyukuri apa yang dimiliki, seperti yang terjadi saat seseorang menyadari mereka bisa makan kapanpun mereka ingin dan mampu membayar zakat.

Baca Juga: Tips Rayakan Kemeriahan Idul Fitri Saat di Rumah Saja

Baca Juga: Lewat Teknologi Digital, Cara Jaga Silahturahmi Selama di Rumah

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Ini dalam Mencuci Tangan


Share To


rachli

rachli

May 27, 2020, 1:25 p.m.


tags : Kebiasaan Baik Hari Raya Idul Fitri Lebaran Likee Puasa Ramadhan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'