Jack-Ma-Pendiri-Alibaba-Resmi-Pensiun.jpg

Jack Ma Pendiri Alibaba Resmi Pensiun!

oleh: inggil History Tuesday, 10 September 2019 16:00 p.m.


Selasa, 10 September 2019 akan menjadi hari yang bersejarah dalam industri e-commerce. Pasalnya, pendiri sekaligus pimpinan Alibaba Group, Jack Ma resmi pensiun dari perusahaan yang telah ia bangun sejak 1999 tersebut. Sebagai penerus dari Jack Ma sendiri ialah Daniel Zhang yang saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Alibaba.

Jack-MA-Pendiri-Alibaba-Resmi-Pensiun-Daniel-Zhang-Penerus-Jack-Ma.jpg

Momen pensiunnya Jack Ma ini juga bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-55. Ia bersama para rekannya di Alibaba Group merayakannya dengan menggelar acara megah di salah satu stadion di Kota Hangzhou, China. Tak lupa juga, Jack Ma mengajak rekan-rekannya untuk berkunjung ke apartemennya saat pertama kali ia mendirikan Alibaba.

Baca Juga: Inspirasi dari Rex Marindo, Pendiri Warunk Upnormal

Tak mampu menahan rasa emosionalnya, Jack Ma mengingat masa-masa saat ia berjuang dulu.

“Saya harap dalam 60 atau 80 tahun lagi orang-orang tetap mengingat apartemen ini. Kita tidak boleh kehilangan impian dari apartemen ini,” Ucap Jack Ma dalam videonya yang dipajang Alibaba.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia

Di sisi lain, momen pensiun Jack Ma ini juga bertepatan dengan Hari Guru Nasional di Negeri Tirai Bambu tersebut. Dilansir dari BBC, mundurnya Jack Ma sebagai pimpinan group Alibaba lantaran ingin fokus sebagai Filantropis di dunia pendidikan.

Jack-Ma-Pendiri-Alibaba.jpg

Sebagai informasi, Jack Ma juga pernah menjadi seorang guru bahasa inggris dengan panggilan “Teacher Ma”. Ia pun menafsirkan suatu saat nanti muridnya di Alibaba akan menggantikan posisinya untuk membawa perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce tersebut lebih maju.

“Setiap guru selalu ingin siswanya lebih hebat dari mereka,” ujar Jack Ma seperti yang dilansir BBC.

Kendati pensiun dari jabatannya, Jack Ma masih akan duduk di dalam dewan direksi sampai digelarnya pertemuan pemegang saham tahun depan. Selain itu, pria 55 tahun ini juga akan duduk dalam Alibaba Partnership yang merupakan sebuah kelompok petinggi yang berhak menominasikan direktur di perusahaan tersebut.

Jack-Ma-Pendiri-Alibaba-Orang-Terkaya.jpg

Sebagai salah satu sosok yang paling berpengaruh di dunia e-commerce, Jack Ma mencerminkan evolusi China dari era teknologi terbelakang menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia. Sudah lebih dari dua dekade ia mendirikan Alibaba yang kini bernilai $460 Miliiar US Dollar mengalahkan eBay Inc dan Amazon.

Banyak kisah inspiratif dari seorang Jack Ma, saat muda dulu ia pernah melamar perusahaan waralaba makanan cepat saji KFC dan ditolak. Tak menyerah pada kondisi saat itu, ia pun selalu berjuang dan berhasil mendirikan Alibaba Group. Pada 2016, Jack Ma pun menjadi orang paling terkaya se-Asia mengalahkan pebisnis asal India, Mukesh Ambani.

Baca Juga: David Warren, Sosok Jenius Penemu ‘Black Box’ Pesawat


Share To


inggil

inggil

Sept. 10, 2019, 4 p.m.


tags : China Tiongkok Cina Jack Ma Pensiun Jack Ma Alibaba E-commerce


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita