Aturan PPKM Makan di Mall.jpg

Jabodetabek Terapkan PPKM Level 3, Ini Aturan Relaksasinya

oleh: galih Life Style Tuesday, 24 August 2021 10:00 a.m.


Mancode - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 30 Agustus 2021 mendatang. Pemerintah juga menurunkan status sejumlah daerah dari PPKM level 4 menjadi PPKM level 3.

“Beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3. Untuk pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota kabupaten lainnya sudah bisa berada di level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021,” ungkap Presiden Joko Widodo dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Melihat dari sejumlah indikator yang mulai membaik, pemerintah mempertimbangkan akan melakukan penyesuaian secara bertahap pembatasan kegiatan masyarakat. Sektor apa saja yang mendapatkan relaksasi di Jabodetabek? Berikut rinciannya:


Restoran

Salah satu sektor yang mendapatkan relaksasi adalah restoran. Di mana para pengunjungnya kini diperbolehkan makan di tempat dengan maksimal 25 persen kapasitas. Selain itu, setiap meja hanya diperbolehkan untuk dua orang dan jam operasional restoran diperbolehkan hingga pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, restoran atau cafe dengan ruangan tertutup tidak boleh melayani makan di tempat di wilayah yang menerapkan PPKM level 4.

Mal

Pusat perbelanjaan atau mal juga diperbolehkan buka maksimal sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50 persen. Pengunjung mal harus menerapkan protokol kesehatan ketat yang diatur lebih lanjut oleh pemerintah daerah.

Tempat Ibadah

Tak hanya restoran dan mal, tempat Ibadah boleh digunakan untuk kegiatan ibadah dengan kapasitas 25 persen atau maksimal 30 orang

Industri Eskpor

Sementara, pada sektor industri berorientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi 100 persen. Hanya saja, bila menjadi klaster baru Covid-19, maka akan ditutup selama lima hari.

“Penyesuaian beberapa pembatasan kegiatan masyarakat ini dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat masuk,” kata Jokowi.

Meski perbaikan situasi Covid-19 sudah menunjukkan hasil, Jokowi tetap berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada. Selain itu, pembukaan kembali aktivitas masyarakat tetap harus dilakukan tahap demi tahap dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Hal tersebut perlu dilakukan agar pembukaan kembali aktivitas masyarakat tidak berdampak pada peningkatan kasus,” tutup Jokowi.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal di Kota Ini Diizinkan Buka

Baca Juga: Ingat! Ganjil-Genap Jakarta Kembali Berlaku Mulai 12 Agustus

Baca Juga: Gagal Atasi Covid-19, Pemerintah China Hukum Puluhan Pejabat




Share To


galih

galih

Aug. 24, 2021, 10 a.m.


tags : Aturan Makan di Mal PPKM Diperpanjang Lagi Relaksasi PPKM Level 3 Jabodetabek PPKM Level 3 Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 4 September 2021 7:00 a.m.

Nuansa Futuristik Single ‘NY 2 AM’ Karya Dhira Bongs

Fashion Style 2 September 2021 14:00 p.m.

4 Tips Konten OOTD Marsha Aruan dengan Samsung Galaxy A32

Entertainment 26 August 2021 8:00 a.m.

Jojo Laurens Rilis Debut Single “Melepas Selamanya”