Pindad Maung.jpg

Intip Ketangguhan Pindad Maung yang Dipesan Menhan Prabowo

oleh: galih Life Style Friday, 17 July 2020 11:00 a.m.


Mancode – Akhir pekan lalu, PT Pindad (Persero) memperkenalkan produk terbaru di segmen kendaraan taktis (rantis). Maung namanya. Konsep kendaraan ini mengarah ke rantis ringan yang bisa digunakan di jalan raya maupun medan offroad.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pun sudah menjajal langsung ketangguhan Pindad Maung. Bahkan, Prabowo sudah memesannya 500 unit untuk kebutuhan militer domestik.

Melansir berbagai sumber, kendaraan taktis ini cocok digunakan untuk kegiatan militer untuk penyergapan cepat. Sebab, Pindad Maung diklaim lebih ringan dan manuvernya juga lincah.

Pindad.jpg

Pindad mengembangkan Maung versi militer menjadi empat varian. Tiga di antaranya Maung kabin ganda, Maung Logistik, hingga Maung yang diperuntukkan untuk pertempuran jarak dekat seperti yang dipesan Kementerian Pertahanan.

Mulai dari sasis, bodi, dimensi, kaki-kaki, sampai hitungan teknis lainnya asli digarap sendiri oleh Pindad. Sedangkan, materialnya pun diklaim lebih berkualitas dan juga tak sembarangan.

Untuk Pindad Maung versi militer bakal dilengkapi dengan kaca dan bodi anti peluru. Selain itu, dilengkapi juga dengan kebutuhan atau perlengkapan militer. Seperti dudukan persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Dari dapur pacu, Pindad Maung disematkan mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 149 hp dengan torsi 400 Nm. Mesin tersebut diambil dari kendaraan pikap kabin ganda Toyota Hilux dan serupa dengan varian Fortuner atau Kijang Innova.

Pilihan mesin tersebut tentunya sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan Pindad Maung. Ini juga menjadi hal yang baru bagi Pindad menggunakan mesin turbo diesel 2.494 cc. Pasalnya, Pindad lazim menggunakan mesin 4.000 cc buatan Renault atau Hino seperti pada kendaraan 4x4 Komodo.

Pindad Maung.jpg

Meski demikian, Pindad Maung memiliki kelebihan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Kelebihan utama Maung adalah mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal

Selain itu, Pindad Maung dibanderol sekira Rp600 jutaan ini juga diklaim tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik. Maung mampu bergerak taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan.

Pengujian pada medan datar meliputi beberapa indikator, yakni kecepatan, percepatan, manuver putar, manuver angka 8, pengereman, dan tak lupa aspek keamanan.

Baca Juga: Masalah Fuel Pump, Honda Recall Nyaris Semua Model Mobil

Baca Juga: XPANDER Rally Team Siap Jajal Ketangguhan Mitsubishi Xpander AP4

Baca Juga: Kyoko Shimada, Desainer Mobil Wanita Pertama di Jepang


Share To


galih

galih

July 17, 2020, 11 a.m.


tags : Kendaraan Taktis Menhan Prabowo Prabowo Militer Kendaraan Militer Pindad Maung Pindad Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional