Driver-Gojek-Mogok.jpg

Insentif Diturunkan, Driver Gojek Bakal Mogok Massal

oleh: inggil Life Style Monday, 7 June 2021 13:00 p.m.


Mancode - Kabar mergernya dua perusahaan besar Tokopedia dan Gojek tentunya bisa menjadi berita bahagia. Namun, alih-alih menjadi suka cita yang ada malah duka melanda khusunya bagi para driver Gojek. Pasalnya, baru-baru ini tersirat informasi bahwa akan ada aksi mogok massal yang dilakukan driver Gojek di Jabodetabek dan Bandung pada Selasa, 8 juni 2021 mendatang.

Ancaman mogok massal itu bakal dilakukan oleh driver Gokilat (Gosend) dengan cara off bid secara massal, atas tindakan GoTo (Gojek Tokopedia) yang menurunkan insentif secara sepihak.

Kabar mengenai rencana mogok tersebut diketahui dari tweet akun bernama @arifnovianto_id. Postingan yang diunggah pada 5 Juni 2021 lalu itu berupa cuitan informasi mengenai driver Gojek yang akan melakukan pemogokan. Unggahan itu lantas ramai dan menjadi topik hangat kalangan warganet.


"Pada 8 Juni 2021 besok, driver Gojek akan melakukan pemogokan. Strategi yang dipakai adalah dengan off bid secara massal. Aksi mogok dilakukan oleh driver Gokilat (gosend) menyikapi tindakan sepihak GoTo yang menurunkan insentif. Pemogokan dilakukan di Bandung & Jabodetabek," tulis Arif di akun Twitternya

Gojek-Mogok.jpg

Dalam tweetnya itu, Arif menjelaskan penurunan insentif yang dimaksud. Dimana penurunan insentif di Bandung dan Jabodetabek berbeda. Kata Arif kalau di Bandung insentifnya hanya Rp1 ribu untuk 1-11 pengantaran, Rp1.500 untik 12-17 pengantaran. Sedangkan, di Jabodetabek Rp1 ribu untuk 1-9 pengantaran, Rp2 ribu untuk 10-14 pengantaran. Itu pun jika performa mereka di atas 80 persen

Bahkan, terdapat pula rilisan yang menyebutkan jika merger Gojek dengan Tokopedia tidak membuat mitra driver menjadi sejahtera. Keputusan yang diumumkan GoTo dalam Kopdar pada 5 Juni 2021, telah meruntuhkan harapan mitra yang mendambakan kesejahteraan.

Atas hal tersebut, mitra akan melakukan mogok kerja dengan cara off bid. Tidak diketahui berapa lama off bid akan dilakukan. Mereka menuntut GoTo mencabut aturan insentif baru tersebut yang rencananya akan diterapkan pada 8 Juni 2021. Mereka juga menuntut GoTo menaati aturan yang berlaku tentang kemitraan dan perhitungan biaya jasa driver.

Baca Juga: Gojek Siap PHK Massal Karyawannya

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia Resmi Merger, Namanya Jadi GoTo

Baca Juga: Gojek X Tokopedia Bagaimana Nasib OVO?




Share To


inggil

inggil

June 7, 2021, 1 p.m.


tags : Tokopedia GoTo Driver Gojek Driver Gojek Mogok Insentif Gojek Diturunkan Gojek


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 18 June 2021 9:00 a.m.

Sentuhan Magis Bella Fawzi dalam ‘Penari di Hatiku’

History 8 June 2021 11:00 a.m.

Mengenang Jasa Besar Soeharto untuk Indonesia

Entertainment 2 June 2021 12:00 p.m.

Reuni Gya Featuring Badai Remake ‘Demi Cinta’