Ini Sebab dan Cara Mengatasi Rambut & Kulit Kepala Berketombe.jpg

Cara Mengatasi Rambut & Kulit Kepala Berketombe

oleh: aulia Life Style Tuesday, 21 May 2019 16:00 p.m.


Salah satu masalah rambut yang dapat menganggu penampilan adalah ketombe. Bagaimana tidak? Jika kalian mengenakan pakaian berwarna gelap, ketombe yang jatuh ke bagian pundak akan terlihat jelas. Menurut dermatologis di Modern Dermatology, Seatle Dr. Carly Roman, M.D, masalah ketombe dialami oleh setengah populasi manusia di dunia.

Sebab Ketombe

Dr. Roman menyebutkan, ketombe bisa muncul atau bahkan makin buruk akibat beberapa faktor. Di antaranya adalah tumbuhnya jamur apda kulit kepala, kelenjar minyak aktif, dan respon imun yang berlebihan terhadap mikroba yang ada di kulit kepala.

Ketombe bisa jadi lebih buruk jika kalian memiliki kulit kepala yang sensitif atau sering berolahraga. Terlalu sering berolahraga dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala, hal ini tentu dapat memperburuk keadaan kulit kepala yang berketombe.

Jenis Ketombe

“Ketombe kecil, tak terlalu banyak, merupakan ketombe dengan kategori ringan”, ujar Dr. Roman seperti yang dikutip dari menshealth.com (13/3/2019).

Ia melanjutkan, gejala ketombe yang sudah memburuk bahkan cenderung parah adalah ketombe yang kering, banyak, dan besar seperti serpihan putih dari kulit kepala. Serpihan putih yang rontok biasanya juga lebih besar dan tebal dibanding ketombe normal. Ketombe yang sudah dalam kategori parah ini lebih dikenal sebagai seborrheic dermatitis.

Dr. Roman juga menambahkan, ketombe yang sudah terlanjut parah biasanya memiliki gejala seperti gatal, infeksi, luka, atau kemerahan di kulit kepala. Uniknya, jika ketombe normal hanya terjadi pada kulit kepala sedangkan seborrheic dermatitis bisa memengaruhi wajah, hidung, alis, dada, dan punggung bagian atas.

Cara Mengatasi Ketombe

Bagi Mancoders mengalami masalah ini, Dr. Roman memberi tahu pasiennya untuk menggunakan sampo anti-ketombe dalam sekali seminggu untuk mencegah kondisi ketombe yang bertambah parah atau gunakan setiap kali keramas jika kondisinya sudah parah.

Kalian juga bisa menggunakan perawatan rambut lain yang dapat membantu menutrisi rambut dan kulit kepala. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setelah satu kali pemakaian, saat keramas, biarkan sampoo berada di kulit kepala selama beberapa saat. Proses ini membuat bahan aktif dalam sampoo menembus kulit kepala dan dengan efektif membersikan ketombe.

Baca Juga: Inspirasi Gaya Rambut Pria Modern yang Disukai Kaum Hawa

Untuk menyembuhkan masalah ini, kalian harus menganggap sampoo yang digunakan sebagai perawatan kulit kepala bukan untuk perawatan rambut. Sayangnya, ketika kalian fokus membersihkan ketombe biasanya rambut akan jadi kasar dan kering.

Maka dari itu, Dr. Roman menyarankan kalian untuk mengenakan kondisioner yang memiliki khasiat untuk melembuatkan rambut dan bisa juga dilanjutkan dengan sampo lain, yang bisa menutrisi rambut setelah membilasnya. Jika kulit kepala sudah membaik, kalian cukup gunakan satu kali seminggu untuk tindakan pencegahan.


Share To


aulia

aulia

May 21, 2019, 4:18 p.m.


tags : Ketombe Kulit Kepala Mengatasi Ketombe Perawatan Rambut Pria


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Entertainment 15 November 2019 14:00 p.m.

Scrimmage Game Jadi Materi Honda DBL Camp 2019

Entertainment 15 November 2019 11:00 a.m.

Sivia Azizah Rilis Single Terbaru “STORM”