Virus Corona Jangkiti Sejumlah Negara Asia.jpg

Ini Negara di Asia yang Terjangkit Virus Corona (I)

oleh: rachli Travel Monday, 27 January 2020 15:00 p.m.


Mancode - Bagi yang gemar berpergian ke luar negeri, baik itu untuk liburan atau menjalankan tugas pekerjaan, sepertinya harus mengurungkan niat tersebut. Pasalnya, saat ini dunia kesehatan sedang digegerkan dengan mewabahnya virus baru, yakni virus corona atau 2019-nCoV.

Sebelumnya, virus corona yang ditemukan pada Desember lalu di Kota Wuhan, China ini hanya dikira sebagai ancaman lokal. Namun nyatanya, virus corona kini telah menyebar ke beberapa negara di berbagai benua.

Menukil dari Kompas (26/1/2020), sejumlah negara telah mengonfirmasi terinfeksi virus corona. Setidaknya, ada 13 negara yang telah mendapati kasus virus corona. Berikut ini beberapa negara positif corona di Asia yang telah mengonfirmasi:

China

China menjadi negara yang dituding sebagai sumber virus corona. Virus corona di China telah mengakibatkan kematian sebanyak 56 orang, dan terdapat 2.000 kasus yang dilaporkan. Virus corona diidentifikasi pertama kali pada 31 Desember di Kota Wuhan Provinsi Hubei, China.

Baca Juga: Kenali Virus Corona dan Cara Penularannya

Guna menangani kasus ini, China mengalokasikan 1 miliar yuan atau setara 145 juta dollar AS untuk menangani wabah virus corona. Selain China, daerah administratif khusus Makau dan Hong Kong juga mengonfirmasi kasus virus corona.

Jepang

Pada 16 Januari 2020, Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi kasus pertamanya. Virus corona dikonfirmasi menginfeksi seorang pria yang mengunjungi Kota Wuhan. Kemudian, pada 24 Januari 2020, otoritas Kesehatan Jepang mengonfirmasi kasus kedua.

Singapura

Untuk pertama kalinya, Singapura mengonfirmasi temuan kasus virus corona pada 23 Januari 2020. Pasien merupakan seorang pria berusia 66 tahun dari Kota Wuhan yang tiba di Singapura bersama keluarga pada 19 Januari 2020.

Pria tersebut mengalami sakit tenggorokan meski tidak demam selama perjalanan menuju Singapura. Temuan ini membuat aparat Singapura mensterilkan dan menutup kamar di Hotel Shangri-La Rasa Sentosa yang sempat dihuni oleh pria tersebut.

Malaysia

Negara tetangga Indonesia, Malaysia turut mengonfirmasi telah menemukan kasus penyebaran virus corona pada 25 Januari 2020. Menteri Kesehatan Dzulkefly Ahmad mengatakan bahwa orang yang terinfeksi adalah perempuan berusia 65 tahun dan dua cucu mereka berusia 11 dan dua tahun. Perempuan tersebut adalah istri pria berusia 66 tahun yang positif terinfeksi virus corona di Singapura.

Baca Juga: 3 Tanda Tubuh Mengalami Masalah Kesehatan

Korea Selatan

Korea Selatan mengonfirmasi kasus pertama penyebaran virus corona pada 20 Januari 2020. Virus corona menginfeksi wanita 35 tahun yang terbang dari Kota Wuhan. Hal tersebut dikonfirmasi usai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) perempuan tersebut dinyatakan posistif terinfeksi jenis virus corona terbaru.

Taiwan

Virus corona menginfeksi perempuan Taiwan berusia 50-an tahun yang tinggal dan bekerja di Kota Wuhan. Saat sampai Bandara Taiwan, ia dilarikan ke rumah sakit karena menunjukkan gejala virus corona dari demam, batuk, hingga sakit tenggorokan. Pemerintah Taiwan telah mengonfirmasi kasus ini pada 22 Januari 2020, dan meminta masyarakat untuk tidak panik. Sebab, wanita itu telah diidentifikasi segera setelah tiba di Taiwan.

Thailand

Pada 24 Januari 2020, Kementerian Kesehatan Thailand mengonfirmasi dua kasus misterius menyerupai SARS yang menginfeksi dua turis asal Kota Wuhan. Temuan kasus bermula pada 13 Januari 2020 saat alat pemindai suhu di Bandara Suvarnabhumi mendeteksi gejala virus corona di tubuh perempuan berusia 74 tahun. Saat didiagnosis, ia mengalami pneumonia terkait virus corona.

Baca Juga: Chernobyl, Salah Satu Destinasi Favorit Traveler Ekstrim

Vietnam

Vietnam mengonfirmasi adanya dua warga negara China dinyatakan positif virus corona. Seorang pria yang bermukim di Ho Chi Minh City diketahui terinfeksi virus corona dari ayahnya yang berlibur ke Vietnam pada 13 Januari 2020 dari Kota Wuhan. Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Truong Song mendesak semua tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran.

Nepal

Nepal juga menjadi negara yang melaporkan kasus penyebaran virus corona yang pertama. Menurut Kementerian Kesehatan dan Kependudukan Nepal pada 24 Januari 2020, seorang siswa Nepal pulang ke rumah untuk liburan tahun baru Imlek dari sekolahnya di Kota Wuhan.

Ia dinyatakan positif terjangkit virus corona seusai dilakukan tes dan dikonfirmasi akhir oleh WHO Collaborating Center di Hong Kong. Pada 9 Januari 2020, pelajar berusia 30-an tahun itu tiba di Nepal. Dia kemudian pergi ke Rumah Sakit Penyakit Menular Tropis dan Infeksi Sukaraj di Khatmandu.


Share To


rachli

rachli

Jan. 27, 2020, 3:27 p.m.


tags : China negara positif corona Negara di Asia Terjangkit Virus Corona penyebaran virus corona 2019-nCoV kota Wuhan virus corona


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru

Life Style 18 September 2020 9:00 a.m.

NGK Jadi Pemasok Busi Resmi Motor Trial Sherco

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'