Kenari.jpg

Ini Kreasi Makanan Indonesia dari Kenari Maluku, Tertarik Mencoba?

oleh: galih Travel Friday, 5 August 2022 17:00 p.m.


Mancode - Buah kenari yang berukuran kecil rupanya memiliki peran sangat besar dalam kehidupan masyarakat Maluku. Tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan untuk konsumsi sendiri, masyarakat juga menjual kacang kenari untuk tambahan pendapatan.

“Pohon-pohon kenari yang mudah ditemukan di wilayah Maluku dan Maluku Utara sudah ada sejak zaman kolonialisme dan usianya bisa mencapai ratusan tahun. Mereka tumbuh berdampingan dengan pohon pala dan tanaman rempah lain, menjadi salah satu sumber ekonomi yang penting bagi masyarakat Maluku dan Maluku Utara. Selain itu, pohon kenari juga punya peran ekologi sebagai penjaga lingkungan hutan. Seperti yang kita ketahui, hutan yang terjaga baik dapat memitigasi perubahan iklim,” kata Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa.

Hanatin Mudjid, Kepala Pemerintahan Negeri Lonthoir, bercerita, pohon kenari menjadi salah satu sumber pendapatan, terutama bagi warga Kecamatan Banda. Kenari yang dipanen oleh masyarakat rata-rata dipasarkan ke Surabaya, Jakarta, dan Makassar.


Sepuluh alumni Masterchef Indonesia (MCI) ditantang untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam mengolah kenari Maluku. Mariska Tracy (alumni MCI musim ketujuh) memasak ayam gepuk dengan sambal kacang kenari, sementara Desi Trisnawati (pemenang MCI musim kedua) melihat ‘sisi manis’ kenari dan membuat pie kenari.

Bagi Mariska, ini bukan kali pertamanya mengolah kenari. Hanya saja, kenari yang biasa ia temukan dan gunakan adalah kenari impor. Ia mengamati, bentuk kenari Maluku sangat berbeda dari kenari impor. Jika kenari impor cenderung besar dan bergelombang, kenari Maluku lebih kecil dan kulitnya mudah dikupas.

“Saya baru tahu, lho, bahwa di Maluku juga ada kacang kenari yang harganya jauh lebih terjangkau daripada kenari impor. Kenari Maluku ini juga bisa langsung dimakan, tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Disantap begitu saja, rasa kenari Maluku sangat enak! Sedangkan kenari impor, seperti juga jenis kacang lain, harus diolah terlebih dahulu, baru bisa disantap, karena ada sedikit rasa pahit,” kata Mariska.

Ia menilai, citarasa kenari Maluku juga lebih gurih dibandingkan kenari impor. Rasanya serupa kacang mete yang sangat gurih dan terkesan ‘mahal’. Sementara itu, di lidah Desi kenari Maluku terasa seperti perpaduan antara pecan dan kacang pinus. Crunchy tapi creamy.

Desi dan Mariska tertantang untuk menghasilkan makanan yang unik. Desi mendapatkan ide membuat pie kenari karena sering membuat pecan pie. Mengganti pecan dengan kenari membuat pie jadi terasa lebih enak, dengan citarasa manis dan gurih yang seimbang. Sementara itu, Mariska terinspirasi dari ayam gepuk yang sedang hits, yang sambalnya terbuat dari kacang tanah atau kacang mete. “Rasanya jadi enak pol! Tidak kalah mewah dari kacang mete,” kata Mariska.

Sepuluh alumni MCI juga menjajal kenari Maluku dan mengolahnya jadi beragam kudapan dan masakan, seperti ayam kungpao, brownie kenari cookies, udang bakar bumbu kenari, dan spiku kenari. Sebelum menemukan ide sambal kenari untuk ayam gepuk, Mariska juga sempat mencoba-coba resep lain, misalnya kue kenari dicampur labu kuning dan sate ayam sambal kacang kenari.

“Rasanya enak banget. Kenari ini ternyata sangat versatile, bisa diolah untuk makanan gurih maupun manis. Ketika dibuat kue, ada tekstur renyah dan rasa gurih. Kalau membuat kue dengan labu kuning, biasanya saya tambahkan rempah, seperti pala atau kayu manis. Tapi, ketika dicampurkan dengan kenari, tanpa rempah lain pun rasa kuenya sudah enak. Sementara di hidangan gurih, sambal kacang kenari terasa lebih nikmat dan gurih. Seperti ada penyedap rasa alami di dalamnya,” kata Mariska.

Ia juga menyebut kenari Maluku ini juga sangat cocok dipakai untuk hidangan internasional, seperti sup, salad, pizza, quiche, olahan pasta, atau jadi saus steak. Sepakat dengan Mariska, Desi menyebutkan, kenari ini bisa dibuat jadi pesto sebagai pengganti kacang pinus. Atau, karena rasanya yang creamy, kenari Maluku juga bisa dibuat jadi isian kue.

Baca Juga: Ciater Beach Hadirkan Puluhan Hidangan Baru yang Menggoda

Baca Juga: Empuk dan Gurih Ayam Penyet Sambal Hijau Racikan Hotel Santika Premiere Bintaro




Share To


galih

galih

Aug. 5, 2022, 5 p.m.


tags : Kuliner Kreasi Makanan Kenari Kreasi Buah Kenari Kenari Maluku Travel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA