Seragam Pramuka.jpg

Ini Alasan Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

oleh: rachli History Wednesday, 14 August 2019 17:00 p.m.


Setiap tahunnya, pada tanggal 14 Agustus diperingati Hari Pramuka Indonesia. Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana ini biasanya identik dengan beragam kegiatan, seperti halnya perkemahan yang biasanya dilakukan pada Sabtu-Minggu.

Tidak hanya itu, ketika mendengar kata Pramuka, yang terlintas dalam benak adalah seseorang yang mengenakan seragam berwarna cokelat. Warna seragam Pramuka ini sendiri ada dua, yakni cokelat muda dan cokelat tua.

Mungkin di antara Mancoders pernah bertanya-tanya, kenapa anggota Pramuka mengenakan seragam berwarna cokelat. Seperti diwartakan Ruang Guru, berikut ini adalah alasan mengapa seragam Pramuka berwarna cokelat:

1. Pakaian Pejuang Kemerdekaan

Mancoders pasti sering melihat gambar atau film tentang sejarah Kemerdekaan Indonesia, di mana para pahlawan mengenakan baju dan celana berwarna cokelat. Walaupun sebagain lainnya menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam, tapi warna cokelat tetap yang mendominasi medan perang.

Oleh karena itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan seragam Pramuka berwarna cokelat. Hal ini secara resmi tercantum dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Tujuannya, agar para anggota tidak melupakan para pejuang kemerdekaan yang telah berjuang.

2. Warna Tanah dan Air

Mungkin anggapan ini memang belum diakui secara resmi oleh keputusan Kwartir Nasional. Akan tetapi, sebagian orang di Indonesia memaknai warna cokelat sebagai kiasan warna tanah dan air di Indonesia. Warna cokelat muda pada baju mencerminkan air yang mengalir di seluruh penjuru negeri. Sedangkan, warna cokelat tua pada celana atau rok menyiratkan warna tanah negara.

Secara keseluruhan, seragam Pramuka yang dipadukan sapu tangan leher berwarna merah-putih ini memiliki arti bahwa putra-putri Ibu Pertiwi harus selalu siap sedia mempertahankan kibaran bendera di tanah airnya.

3. Tunas Kelapa

Pramuka juga sangat identik dengan lambang tunas kelapa. Berdasarkan sejarah, penemu ide ini adalah Soenardjo Atmodipurwo yang merupakan seorang tokoh Pramuka dan pegawai tinggi di Kementerian Pertanian.

Ada beragam alasan mengapa tunas kelapa dijadikan tanda pengenal resmi. Beberapa di antaranya, tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa, dan buah kelapa yang tahan lama juga menggambarkan sifat anggota Pramuka yang kuat jasmani dan rohani.

Filosofi lainnya yaitu buah kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Dengan begitu, diharapkan anggotanya juga mampu beradaptasi dalam kondisi apapun. Atas dasar penjelasan tersebut, diputuskan bahwa warna tunas kelapa (cokelat) sebagai warna dasar seragam Pramuka.

4. Inisiatif Bapak Pramuka

Bapak Pramuka Sedunia, Baden Powell senang sekali melakukan perjalanan jauh, yang membuatnya tidak sadar kalau pakaiannya berubah menjadi warna cokelat. Hal ini disebabkan karena tubuhnya yang masuk ke dalam lumpur basah dan menjadi kering di badannya.

Akhirnya, seluruh tubuh dan pakaiannya menjadi cokelat. Sejak saat itu, Powell tertarik menginisiasikan warna cokelat untuk seragam Pramuka. Tujuannya, agar tidak mudah kotor ketika sedang berpetualang.

Baca Juga: Menilik Sejarah Diperingatinya Hari Pramuka Indonesia


Share To


rachli

rachli

Aug. 14, 2019, 5 p.m.


tags : Hari Pramuka Indonesia Gerakan Pramuka Pejuang Kemerdekaan Kementerian Pertanian Seragam Pramuka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Baden Powell


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia