
Industri Fashion Bantu Tingkatkan Nilai Ekspor Ekonomi Kreatif Nasional
oleh: rachli Fashion Style Monday, 21 November 2022 12:00 p.m.
Mancode - Subsektor fesyen menempati peringkat pertama dalam kontribusi nilai ekspor ekonomi kreatif nasional. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salhuddin Uno saat hadiri Fashion Shao Scarf Media, Bali Collection Nusa Dua Bali.
Menurutnya, subsektor fesyen masih menjadi andalan ekspor ekonomu kreatif Indonesia dengan nilai kontribusi sebesar 61,6 persen. Sementara peringkat kedua ditempati oleh subsektor kriya sebesar 30,95 persen, sedangkan ketiga subsektor kuliner 6,76 persen.
“Fesyen menduduki peringkat utama dari nilai ekspor ekonomi kreatif. Subsektor fesyen menciptakan lapangan kerja sekitar dua juta dari seluruh rangkaian rantai pasok ekosistem fesyen,” katanya, Kamis (17/11/2022).
Menyikapi hal tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi penyelenggaraan Scarf Media Fashion Show, yang menunjukkan betapa adanya potensi fesyen tanah ait khususnya modest fashion.
Scraf Media Fashion Show adalah bukti besarnya potensi industri modest fashion Indonesia dan diharapkan dapat menjadi wadah lahirnya gagasan baru. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi market namun juga menjadi pemain kunci dalam industri modest fashion dunia.
Scraf Media juga membuka Scraf Media Store untuk mempublikasikan gaya hidup halal, modest fashion hingga home living. Scraf Media Store berisikan 12 jenama dari beberapa daerah di tanah air yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Bangka Belitung dan Bali.
“Kami sangat mendukung untuk memulai suatu lembaran baru agar di bawah Scraf Media, Gekraf, dan kolaborasi dengan pemerintah, kita bisa menjadi juara dunia. Bukan hanya juara kandang tapi kita juara dunia,” kata Menparekraf.
Sekadar informasi, pada kesempatan itu, Menparekraf juga menyampaikan bahwa gerai planogram yang dikelola Kemenparekraf di Bali Collection berhasil meraih penjualan di atas Rp 20 miliar.
“Untuk planogram, kami memberi update bahwa setelah G20 ini akan diperpanjang, Ternyata kita bisa membukukan penjualan di atas Rp 20 miliar, berarti penjualan onlinenya lebih besar dari pada offline, dan konsepnya 20/80. Pembelinya dari delegasi, pengunjung, dan juga kita-kita di sini,” katanya.
Share To

rachli
Nov. 21, 2022, noon
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Casio Rilis MR-G, Adopsi Desain Jam Tangan Penyelam
23 2 weeks ago
G-SHOCK MRG-BF1000R mengadopsi bentuk asimetris khas dari jajaran jam tangan penyelam FROGMAN.

Dream Theater Tutup Rangkaian Tur “Top of The World Tour” di Indonesia
308 1 month ago
Grup musik Dream Theater kembali menggelar konsernya pada tanggal 12 Mei 2023 di Ecopark Ancol, Jakarta.

Shine & Tidy Tawarkan Paket Coating Komplet Mulai dari Rp3,5 Juta
74 2 weeks, 5 days ago
Ada tiga paket coating yang ditawarkan Shine & Tidy sesuai dengan kondisi cat mobil. Harganya mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp11,3 juta.
YOU MAY ALSO LIKE
Technology 9 June 2023 10:00 a.m.
Infinix Note 30 Series Resmi Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia, Intip Kelebihannya
Life Style 8 June 2023 9:00 a.m.
Saham PGEO All Time High Usai RUPST Bagikan Dividen dan Ganti Direktur Utama
Life Style 19 May 2023 8:00 a.m.
Plaza Indonesia Gelar Next Gen Festival, Bantu Kembangkan Ide Kreatif Generasi Muda
Technology 13 May 2023 10:00 a.m.