image default

Indo Harry Potter Tempat Berkumpulnya ‘Penyihir’ Indonesia

oleh: inggil Mancave Tuesday, 28 May 2019 9:00 a.m.


Tentu film fiksi Harry Potter tidak asing di telinga Mancoders. Film adaptasi novel karya J.K Rowling ini mampu menghinoptis para penggemarnya di seluruh dunia. Sejak tayang pertama pada 2001 hingga seri terakhirnya di tahun 2014, film Harry Potter selalu masuk top box office movie. Bahkan, dilansir dari Boxofficemojo seri terakhir film Harry Potter mampu meraup pendapatan hingga $433,348,900.

Kepopuleran novel serta film Harry Potter tidak hanya dirasakan di luar negeri saja. Di Indonesia sendiri, kemunculan fenomena film fiksi ini tidak terbantahkan. Buktinya banyak komunitas yang bermunculan dengan satu latar belakang atas kecintaan mereka terhadap Harry Potter. Salah satunya adalah Indo Harry Potter (IHP).

Walaupun film Harry Potter sudah selesai produksi, komunitas pecinta sihir ini masih eksis hingga saat ini. Dibentuk sejak 2001 oleh Edwin Ginanjar dan Eduardi Prahara, Indo Harry Potter merupakan komunitas pertama dan terbesar bagi penggemar Harry Potter di Indonesia. Komunitas ini pun sudah memiliki ribuan member tersebar di seluruh Tanah Air.

Awalnya, Indo Harry Potter melalui sebuah milis indoharrypotter@yahoogroups.com. Dalam milis tersebut, dua sahabat itu sama-sama membahas segala hal yang berkaitan dengan Harry Potter. Kedua sahabat ini bersama melakukan bedah buku sekaligus karakternya, dan juga saling tukar informasi tentang pernak-pernik Harry Potter.

Anggota dari komunitas Indo Harry Potter sendiri mempunyai ragam umur. Mulai dari usia belasan tahun hingga yang sudah bekerja, bahkan ada pula yang sudah berkeluarga. Perbedaan umur tersebut tidak membuat komunitas ‘penyihir’ ini tidak solid. Buktinya banyak kegiatan yang sudah dilakukan dari sekadar gathering hingga program sosial.

Perkumpulan member Indo Harry Potter ini mereka namakan sebagai “Gathering Wizard”. Tiap bulannya, komunitas ini rutin melakukan pertemuan untuk memperkuat kesolidan serta mempererat silatuhrami. Para anggota Indo Harry Potter sendiri mempunyai cara unik dalam mengekspresikan kecintaan mereka terhadap dunia sihir. Saat berkumpul, ada yang memakai atribut lengkap berupa jubah hitam serta tongkat sihir, adapula yang membawa sapu.

Selain mengobrol dan bertukar informasi soal Harry Potter. Saat berkumpul Indo Harry Potter juga melakukan acara bedah buku hingga nonton bareng film Harry Potter. Bahkan, Indo Harry Potter ini juga berkolaborasi dengan komunitas lainnya untuk melakukan kegiatan bersama. Seperti saat CFD, mereka berkolaborasi dengan Indo Hunger Games berkeliling Kota Jakarta.

Baca Juga: Mengenal Komunitas Serbuk Kayu Surabaya


Share To


inggil

inggil

May 28, 2019, 9 a.m.


tags : Indo Harry Potter Pecinta Harry Potter Indonesia Komunitas Harry Potter Indonesia Komunitas unik Indonesia Komunitas Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 8 April 2020 20:00 p.m.

Musisi Tanah Air Berduka Atas Kepergian Glenn Fredly

Entertainment 8 April 2020 20:00 p.m.

Glenn Fredly Tutup Usia