Patung.jpg

India Tuntut Museum Oxford Kembalikan Patung Abad ke-15 yang Dicuri

oleh: fachrul Life Style Monday, 2 March 2020 8:00 a.m.


Mancode - Museum Ashmolean di Oxford, Inggris membeli patung yang menggambarkan penyair Tamil Tirumankai Alvar dengan tinggi hampir satu meter itu dari Sotheby pada tahun 1967.

Pemerintah India telah mengeluarkan permintaan resmi untuk meminta kembali patung perunggu abad ke-15 tersebut dari Museum Ashmolean. The Guardian melaporkan bahwa penelitian seorang sarjana independen tampaknya menunjukkan bahwa patung suci Tirumankai Alvar dicuri dari kuil Sri Soundarrajaperumal di Tamil Nadu, tempat foto itu diambil pada tahun 1957, dan diganti dengan replika.

Seorang juru bicara Komisi Tinggi India, Rahul Nangare, mengatakan bahwa sebuah laporan polisi dari Tamil Nadu berkata, "Dengan jelas menunjukkan bahwa patung asli telah dicuri dan diganti dengan yang palsu, dan patung yang dicuri itu sama dengan yang ada saat ini di museum Ashmolean".

Rahul Nangare berterima kasih kepada Ashmolean karena telah mengambil langkah-langkah proaktif dalam masalah ini dan mengatakan ia berharap bahwa museum lain akan mengikuti langkah mereka dalam berurusan dengan barang warisan budaya yang dicuri".

Seorang juru bicara Ashmolean mengatakan tidak ada klaim terhadap patung itu. "Menurut katalog Sotheby, perunggu itu dijual dari koleksi Dr JR Belmont (1886-1981)," katanya.

"Kami saat ini tidak memiliki indikasi tentang bagaimana perunggu memasuki koleksinya dan kami terus menyelidiki dengan dukungan komisi tinggi India."

Ashmolean mengatakan bahwa penelitian cendekiawan itu juga menimbulkan pertanyaan mengenai asal-usul beberapa perunggu lainnya dalam koleksi di Eropa dan AS. Seorang pejabat museum dijadwalkan akan mengunjungi India sebagai bagian dari penyelidikan dalam waktu dekat ini.

Patung Tirumankai Alvar bukan satu-satunya yang dicuri dari India. Sebelumnya, sebuah patung Budha berbahan perunggu yang dibuat sejak abad ke-12 raib dicuri dari sebuah museum di India. Setelah 57 tahun, patung itu mendadak ditemukan di London pada 2018. Selain patung Budha, ada 13 barang lain yang dicuri dari museum Archaeological Survey of India di Nalanda.

Patung itu ditemukan di sebuah bursa dagang di Inggris. Kepolisian Metropolitan London unit Seni dan Barang Antik akhirnya melakukan investigasi. Pemilik dan penjual patung itu langsung dihubungi. Mereka mengaku tidak tahu-menahu soal asal-usul patung. Mereka diputuskan tidak salah dan setuju mengembalikan patung ke India. Patung itu pun diserahkan kepada Komisi Tinggi India di London dalam sebuah upacara khusus.

Baca Juga: Fanatisme akan Membunuh Kita Semua

Baca Juga: Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Baca Juga: Gelar Habib dan Mereka yang Pantas Dihormati


Share To


fachrul

fachrul

March 2, 2020, 8 a.m.


tags : Rahul Nangare Ashmolean Tirumankai Alvar Patung


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional