IMX 2021.jpg

IMX 2021 Sukses Digelar, Dorong Industri Aftermarket Indonesia

oleh: galih Life Style Monday, 4 October 2021 10:00 a.m.


Mancode - Pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 sukses diselenggarakan Sabtu (2/10/2021) mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB secara virtual. Meski digelar virtual, namun beragam konten seru dan menarik tetap disajikan meriah agar mendorong pertumbuhan industri otomotif, khususnya aftermarket di Tanah Air.

“Kami berani memutuskan menjadi yang pertama tampil virtual sejak awal, tujuannya agar dapat memberi kepastian dan dorongan kepada industri ini untuk dapat beradaptasi dengan semua kebiasaan baru tentunya dengan tidak mengurangi esensi dari suatu event. Kolaborasi lintas industri turut menopang kesuksesan puncak acara IMX 2021,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Setiap tahunnya, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) selalu mendukung IMX. Mereka mengapresiasi gelaran IMX 2021 yang dinilai merupakan salah satu pendorong perkembangan dunia otomotif Tanah Air.


Seperti yang diungkapkan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier, pihaknya turut memberikan apresiasi kepada NMAA yang telah menyelenggaarakan IMX All Virtual seiring dengan Industri 4.0 yang menjadi terobosan saat pembatasan sosial. Aspek peningkatan produktifitas daya saing memasuki era industri 4.0. dan konsep seperti IMX ini bisa menjadi inspirasi bagi penyelenggaraan pameran lainnya di Indonesia.

“Sejalan dengan perkembangan industri kendaraan bermotor, sektor modifikasi juga mengalami perkembangan sangat positif. Indikator munculnya expo seperti IMX yang memicu perkembangan produk-produk dan bengkel modifikasi. Membuktikan bahwa modifikator Indonesia tidak kalah bersaing di industri secara global,”ucap Taufiek Bawazier.

IMX 2021 juga mendapatkan antusias dari penonton. Di mana tercatat puluhan ribu tiket terjual dan hampir 4 persen pengunjungnya berasal dari luar negeri. Hal ini memperlihatkan potensi event virtual yang dirasa tetap bisa mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional, khususnya pada industri aftermarket.

IMX Digital Market

Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2021 memiliki program promosi dalam program Shopee IMX Digital Market melalui platform Shopee yang berlangsung dari 2-3 Oktober. Mulai dari karpet mobil, sticker, car cover, car detailing, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai mobil baru. Sebanyak lebih dari 40 brand otomotif dan modifikasi berjualan di IMX Digital Market di e-commerce Shopee dengan program potongan harga hingga 70 persen yang tidak ada di tempat lain.

Live Modz 2021

Kompetisi kreativitas modifikasi 3 “Car Enthusiast” antara Ridwan Hanif, Fitra Eri, dan MotoMobi dalam memodifikasi mobil Suzuki Katana yang sudah dijurikan dan dipresentasi sebelumnya. Akhirnya, penentuan pemenang di IMX 2021 Virtual Stage memilih The Champion Live Modz 2021 adalah Ridwan Hanif dengan unit Restomod Suzuki Katana ‘Suave’ yang berhasil merebut gelar juara bertahan dari Fitra Eri.

PowerAce Digimodz

Kegiatan yang diinisiasi Kemenperin RI dalam mendorong peran masyarakat luas terhadap pengembangan motor roda tiga listrik Power Ace, serta penggunaannya untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah lomba kompetisi design Power Ace Digimodz. Power Ace Digimodz mencatatakan 127 karya yang masuk dan dijurikan oleh 3 orang dewan juri.

Hingga 2 karya dipilih menjadi Juara 1 dan Juara 2, dimana kedua karya tersebut ditampilkan di IMX 2021 Virtual Stage. Sang Pemenang adalah Power Ace dengan konsep bengkel keliling garapan Fairuz Sinatriya asal Surabaya, yang juga hadir di lokasi untuk menerima penghargaan dan piala dari Menteri Perindustrian, serta pemenang kedua dimenangkan oleh Deden Desmahikmawan dari Depok yang mengusung konsep Power Ace Bakery Mobile, yaitu konsep Motor Roda Tiga Listrik untuk penjualan roti keliling.

Karma Bodykit 86 Version 2

Merek body kit buatan Indonesia, Karma Bodykit meluncurkan lini produk terbarunya Karma Version 2 khusus model 86 di gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2021, Sabtu (2/10/2021). Melalui peluncuran secara virtual, model kedua ini merupakan versi terbaru Karma 86 setelah menuai kesuksesan sejak dirilis di IMX 2018 lalu. Melalui produk tersebutlah produk body kit garapan Influencer otomotif Kiki Anugraha kian dikenal secara global. Dari data terakhir yang dihimpun, sebanyak lebih dari 35 set body kit didominasi oleh pasar Amerika Serikat (AS) dengan persentase penjualan 85 persen.

Menariknya, Karma 86 Version 2 terwujud berkat kolaborasi dengan produk cat otomotif Belkote Paints. Langkah ini ditempuh sebagai persembahan tuner aftermarket Indonesia ke publik internasional. Sehingga dari sisi produksi mampu menunjukan hasil kreasi dalam negeri semakin kompetitif.

Honda City Hatchback RS Pengepul Mobil x NeverTooLavish

PT Honda Prospect Motor (PT HPM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil Honda di Indonesia membuat gebrakan di gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2021. Sebuah mobil modifikasi berbasis Honda City Hatchback RS tampil eye catching usai diberi sentuhan artistik oleh modifikator Pengepul Mobil dan seniman grafis NeverTooLavish. Lintas Kolaborasi tersebut menghadirkan tampilan segar Honda City Hatchback RS bergaya dinamis, penuh nuansa artsy serta bergaya simplicity.

Carsome X RawtypeRiot

Merek streetwear Rawtype Riot meluncurkan edisi spesial mobil Nostalgic Series Honda Civic SB3 dan SB4 dan jaket racing varsity berkat kolaborasi dengan platform jual beli mobil Carsome Indonesia.

Tema Golden Age ‘Playground’ di kedua mobil ikonik tersebut diwujudkan berkat sentuhan modifikasi ZC Distromotive. Alhasil seluruh ubahannya dioptimalkan untuk mengembalikan kembali wujudnya seperti era keemasannya pada 1980 hinga 1990.

Sebagai informasi,unit Honda Civic SB3 Nostalgic Racing RawType Riot bertajuk Golden Age ‘Playground’ Limited Edition yang dijual Rp125 juta sudah habis terjual. Tapi, bagi yang berminat masih ada Honda Civic SB4 Nostalgic Racing Raw Type Riot “Golden Age Playground” Limited Edition yang dibanderol Rp 110 juta.

The Ultimate NMAA Top 50

Toyota Hilux Mega Cabin lansiran 2015 milik Rangga Polnaja berhasil terpilih menjadi pemenang The Ultimate NMAA Top 50 IMX 2021. Selain Hilux, yang terpilih menjadi Top 5, adalah BMW F30, Nissan GTR R34, BMW 640, dan Nissan S15.

Modifikasi maksimal dan proper ditunjukan oleh Toyota Hilux milik Rangga Polnaja, tidak hanya proper tetapi dewan juri, yang dipimpin oleh Big Mike selaku NMAA Internal Judge dari mereka melihat mobil ini memiliki modifikasi yang sangat lengkap di semua sektor. Apalagi hasil voting dari 5 kontestan Top 5, memutuskan mobil Toyota Hi Lux milik Rangga Polnaja menjadi yang terbaik sehingga dinobatkan menjadi The Ultimate of NMAA Top 50 IMX 2021.

Pemenang Supergiveaway

Pada gelaran puncak ini, penonton Franky Okto dari Tangerang berhasil membawa pulang Supergiveaway #IMX2021 berupa Honda Integra DA5 Simplicity by Garasi Drift.

Baca Juga: Kantongi Izin, IIMS Surabaya 2021 Siap Digelar dengan Prokes Ketat

Baca Juga: Gelaran GIIAS 2021 Kembali Mundur hingga November 2021

Baca Juga: Genova Design Hadirkan Pelek Premium Vespa, Harganya Rp17 Juta




Share To


galih

galih

Oct. 4, 2021, 10 a.m.


tags : Pameran Otomotif Pameran Modifikasi IMX 2021 IMX 2021 Pameran Modifikasi Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE