
Hyundai Dominasi 87,3 Persen Pasar Kendaraan Listrik Indonesia Pada 2021
oleh: rachli Life Style Thursday, 20 January 2022 9:00 a.m.
Mancode - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali membuktikan kepemimpinannya di industri otomotif Indonesia dengan mendominasi kategori electric vehicle (EV), khususnya di segmen kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV).
President Director PT Hyundai Motors Indonesia SungJong Ha mengatakan, Hyundai menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggan di Indonesia terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan di tanah air.
“Kami percaya bahwa pencapaian yang diterima oleh kedua model EV Hyundai tidak lepas dari komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang berpusat pada pelanggan serta menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima kemarin.
Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan GAIKINDO.
Hal ini menjadikan Hyundai pemimpin pangsa pasar BEV sebesar 87,3 persen. KONA Electric memimpin segmen BEV dengan penjualan 366 unit atau 52,8 persen dari total penjualan ritel disusul IONIQ Electric dengan 239 unit atau 34,5 persen.
Pada 2020, Hyundai juga memimpin pangsa pasar BEV dengan total 124 unit yang terjual dari total 130 transaksi ritel berdasarkan data GAIKINO.

Dengan begitu, menurut SungJong Ha, KONA Electric dan IONIQ Electric telah mencatatkan sejarah di Indonesia dan akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang. Di sisi lain, pihaknya juga akan memperkenalkan IONIQ 5 yang akan diproduksi Hyundai di Indonesia.
“Hal ini tentunya akan semakin memperkuat visi Hyundai untuk era elektrifikasi dan Indonesia akan segera menempati posisi yang lebih tinggi lagi di industri EV global,” sambungnya.
KONA Electric dan IONIQ Electric yang hadir bersamaan sejak akhir 2020 telah menandai permualaan komitmen jangka panjang Hyundai untuk membangun ekosistem EV Indonesia. Melalui Kerjasama dengan pemerintah Indonesia dan mitra strategis lainnya, Hyundai telah membangun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di lebih dari 180 titik di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.
Secara bersamaan dalam berbagai kesempatan, Hyundai secara proaktif telah mengedukasi pelanggan Indonesia tentang manfaat memiliki EV serta memastikan bahwa EV dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari untuk semua orang.
Selain itu, keseriusan Hyundai membangun ekosistem EV dibuktikan melalui kolaborasi bersama LG Energy Solution dalam menjaga pasokan sel baterai yang stabil untuk BEV, yaitu dengan mendirikan pabrik manufaktur sel baterai di Karawang, Jawa Barat. Di mana pembangunannya ditargetkan selelsai pada semester pertama 2024.
Share To

rachli
Jan. 20, 2022, 9 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Hyundai Gelar Pelatihan R&D Level Up Supplier Education
56 1 month ago
Pelatihan ini merupakan program HMMI untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pada industri otomotif.

Hyundai Hadirkan Tampilan Baru di STARGAZER Active
42 3 weeks, 2 days ago
STARGAZER Active kini hadir dengan tampilan baru alloy wheel atau velg alloy berukuran 16 inci dan juga menggunakan tipe AC Double Blower.

Plaza Indonesia Gelar Next Gen Festival, Bantu Kembangkan Ide Kreatif Generasi Muda
39 2 weeks, 2 days ago
Plaza Indonesia ingin memfasilitasi pertumbuhan generasi muda dan meningkatkan potensi dalam memahami berbagai kemungkinan di masa depan.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 3 June 2023 10:00 a.m.
The Chicago Experience Hadirkan Malam Kenangan di BNI Java Jazz Festival 2023
Entertainment 1 June 2023 8:00 a.m.
Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 Siap Digelar
Travel 24 May 2023 10:00 a.m.
Tiket.com Luncurkan Fitur Tiket Multi – Currency, Dorong Transaksi Internasional
Mancave 17 May 2023 10:00 a.m.