Templet_Mancode_.jpg

Huawei Luncurkan OS HongMeng Pengganti Android

oleh: rachli Technology Monday, 12 August 2019 18:00 p.m.


Penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, serta perangkat pintar global kenamaan, Huawei Technologies resmi meluncurkan operating system (OS) HongMeng. Huawei mengklaim, OS yang dikembangkannya menawarkan performa lebih cepat dari Android dan iOS.

Sistem operasi perangkat mobile yang dikembangkan perusahaan asal Tiongkok ini akan 60 persen lebih cepat dibandingkan Android dan iOS. Tidak hanya smartphone, sistem operasi ini juga dapat digunakan pada speaker pintar bahkan sensor. Namun, pada tahap awal OS HongMeng akan digunakan di smart TV.

CEO Huawei Ren Zhengfei mengatakan, HongMeng memang dirancang untuk diterapkan pada berbagai perangkat. Sistem operasi yang dikembangkan pihaknya kompatibel dengan berbagai perangkat.

“Sistem operasi yang kami kembangkan kompatibel, mulai dari papan sirkuit cetak, ponsel pintar, sakelar, router, hingga pusat data,” ujarnya seperti yang dikutip dari CNN Indonesia (8/7/2019).

Dikembangkannya HongMeng merupakan jawaban keputusan pemerintah Amerika Serikat yang memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist). Akibat kebijakan ini, Google memutuskan untuk tidak lagi melisensi Android dan mengirimkan update software pada perangkat Huawei.

HongMeng merupakan panggilan OS dalam bahasa Tiongkok. Julukannya dalam bahasa Inggris adalah HarmonyOS. Dengan begitu, keduanya adalah sistem operasi yang sama. OS HongMeng dikembangkan dari Android versi open source (AOSP) sebagai antisipasi apabila Huawei tidak bisa lagi menggunakan Android buatan Google.

Diwartakan Reuters.com, OS baru ini adalah bagian dari upaya Huawei untuk mengembangkan teknologinya sendiri untuk mengurangi ketergantungan pada perusahaan-perusahaan Amerika Serikat saat perang perdagangan AS-China yang semakin intensif.

Ide membuat OS sendiri ini sudah digagas tujuh tahun lalu di Shenzhen, Tiongkok. Ketika itu, kelompok kecil eksekutif Huawei Technologies yang dipimpin Ren Zhengfei mengadakan pertemuan tertutup dan berlangsung selama beberapa hari.

Saat itu, mereka bertukar pikiran tentang begaimana Huawei harus menghadapai meningkatnya keberhasilan Google Android di seluruh dunia, yakni OS yang digunakan di ponsel Huawei. Pihaknya khawatir ketergantungan pada Android dapat membuat perusahaan rentan terhadap larangan Amerika Serikat di masa mendatang.

Dilaporkan, Huawei sudah mulai melakukan pengembangan dan penelitian lebih mendalam untuk OS HongMeng. Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan serangkaian pengujian di negara asalnya dan akan mendaftarkan paten dalam waktu dekat.

Baca Juga: Mengenal Lebih dalam Smartphone Merek Docomo


Share To


rachli

rachli

Aug. 12, 2019, 6 p.m.


tags : OS HongMeng Sistem Operasi HongMeng Ren Zhengfei Android dan iOS Huawei Technologies Google Android Huawei


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita