Redbull Honda.jpg

Honda Umumkan Mundur dari Ajang F1 pada Akhir 2021

oleh: galih Life Style Tuesday, 6 October 2020 12:00 p.m.


Mancode – Kabar mengejutkan datang dari Honda Motor Co., Ltd. Pabrikan otomotif asal Jepang ini mengumumkan untuk mengakhiri keikutsertaannya dalam Kejuaraan Dunia FIA Formula One (F1) World Championship pada akhir musim 2021.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan arahan Honda untuk fokus mempercepat inisiatif pengembangan mesin ramah lingkungan dengan target mewujudkan dua pertiga dari seluruh penjualan unit mobil globalnya pada 2030 terdiri dari mobil listrik.

Takahiro Hachigo, Representative Director and CEO of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, Honda telah sukses mencapai tujuan di ajang F1 dengan meraih sejumlah kemenangan. Saat ini, pihaknya akan menyalurkan kekuatan mereka untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon, serta mewujudkan pengimbangan karbon.

“Ini akan menjadi tantangan yang berat dan sulit seperti berkompetisi di F1, dan juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda bersama masyarakat,” ungkap Takahiro.

Honda telah memutuskan untuk mengupayakan "realisasi pengimbangan karbon pada tahun 2050”. Untuk mencapai tujuan ini, Honda akan memfokuskan sumber daya perusahaannya dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi untuk masa depan, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV), yang akan menjadi inti dari produk dengan teknologi bebas karbon.

Sebagai bagian dari langkah ini, pada April 2020, Honda membuat penelitian baru yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy. Honda akan mengalokasikan manajemen energi dan teknologi bahan bakar, serta pengetahuan yang terkumpul melalui aktivitas F1 untuk unit daya dan teknologi energi ini dan mengambil inisiatif sambil berfokus pada realisasi pengimbangan karbon di masa depan.

Seperti diketahui, pada ajang F1 musim 2020 ini, Honda memasok mesin untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Bersama kedua tim tersebut, Honda mampu meraih tiga kemenangan di musim lalu, serta dua kemenangan sejauh ini di musim 2020.

Dengan pengumuman tersebut, Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri dipastikan akan mencari mesin pemasok baru agar tetap bersaing di ajang F1 2021.

Baca Juga: Kini Recall Inflator Airbag Mobil Honda Bisa dari Rumah

Baca Juga: Honda Jazz Bakal Dibekali Mesin Hybrid Balap F1

Baca Juga: Hankook Tire Jadi Ban Resmi Balap Mobil Listrik Formula E


Share To


galih

galih

Oct. 6, 2020, noon


tags : Ajang F1 Honda Mundur dari F1 Redbull Honda Formula 1 Honda Otomotif Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like