All New Honda Jazz.jpg

Honda Jazz Bakal Dibekali Mesin Hybrid Balap F1

oleh: galih Life Style Friday, 26 June 2020 9:00 a.m.


Mancode - Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap Formula 1 (F1) untuk model terbaru All New Honda Jazz, yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Dengan bermodalkan pengalaman dari tim balap F1, Honda akan merancang Hybrid Power Unit (PU) ke dalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV. Mesin terbaru dari Honda Formula 1, bernama RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Yasuaki Asaki sebagai Head of PU Development menjelaskan, di sepanjang balap Formula 1, tim Honda dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap. Namun, kata dia, ada beberapa situasi di mana dirinya berharap dapat menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk meningkatkan performa, atau situasi sebaliknya ingin menghemat lebih banyak bahan bakar.

“Di mesin e:HEV yang dirancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ujar Asaki dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Pengalaman membangun mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dan tenaga besar, telah menginspirasi Honda dalam merancang mesin e:HEV pada All New Honda Jazz. Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar.

Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.

Sistem canggih e:HEV hybrid akan disandingkan dengan pergantian secara otomatis dengan pilihan tiga mode. Pertama ada EV Drive, berupa baterai lithium-ion menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung.

Kedua, Hybrid Drive. Di mana mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik. Terakhir, dengan Engine Drive, mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.

Pada situasi berkendara di perkotaan, efisiensi bahan bakar yang optimal diraih melalui transisi di antara EV Drive dan Hybrid Drive. Sementara, untuk berkendara di jalan tol, mode Engine Drive digunakan untuk mensuplai lebih banyak tenaga dan menambah kecepatan.

Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear untuk menciptakan koneksi secara langsung di antara beberapa komponen. Hal ini menghasilkan torsi yang halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.

Baca Juga: Percepat Elektrifikasi, Honda Hadirkan Hynex Mobility Service

Baca Juga: Mengenal Mesin MIVEC, Kunci di Balik Performa Mobil Mitsubishi

Baca Juga: Era New Normal, Jaringan Dealer DFSK Kembali Beroperasi


Share To


galih

galih

June 26, 2020, 9 a.m.


tags : Balap F1 Mesin F1 Honda Jazz Mesin Hybrid All New Honda Jazz Otomotif Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 7 August 2020 13:00 p.m.

Aktor India Sameer Sharma Ditemukan Tewas di Apartemennya

Entertainment 7 August 2020 9:00 a.m.

Debut Pertama Ibam 'Alone' Suarakan Isu Bullying

Entertainment 7 August 2020 8:00 a.m.

Paradise Rising Rilis Debut Mixtape

Entertainment 7 August 2020 7:00 a.m.

Refleksi Diri Yura Yunita di Single 'Hoolala'