Honda Brio.jpg

Honda Brio Ukir Sejarah Jadi Mobil Terlaris 2020

oleh: galih Life Style Tuesday, 19 January 2021 7:00 a.m.


Mancode - PT Honda Prospect Motor mencatatkan sejarah baru dalam penjualan kendaraan roda empat atau mobil di Indonesia. Salah satu model andalannya, Honda Brio tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Tanah Air sepanjang 2020. Hasil ini, melampaui Toyota Avanza, yang selama ini merajai pasar mobil selama 15 tahun terakhir.

Sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia. Dengan masing-masing penjualan sebesar 31.713 Honda Brio Satya dan 11.308 unit Honda Brio RS. Ini sekaligus memberikan kontribusi hingga 54 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang tahun 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit.

"Tahun ini menjadi tahun yang bersejarah untuk salah satu model kami. Secara konsisten Brio terus memang menjadi tulang punggung, dan penjualan di 2020 yang mencapai 40.879 unit. Ini menjadikan Honda Brio berhasil menjadi penjualan tertinggi di Indonesia pada 2020," papar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM dalam konfrensi pers yang digelar secara daring.


Perilaku Konsumen di Era Pandemi

Dia melanjutkan, pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.

“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama,” ujarnya.

Prestasi sebagai model terlaris di Indonesia ini juga merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit.

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit pada 2020 lalu.

“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor.

Pertama Kali Diperkenalkan

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC)

Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89 persen. Pada 2016, Honda kemudian memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru dengan karakter yang lebih sporty.

Sementara, generasi kedua All New Honda Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain terutama di bagian depan dan belakang semakin sporty, serta ruang serta kabin dan bagasi yang semakin luas.

Baca Juga: Honda Diskon Suku Cadang dan Aksesori Hingga 90 Persen

Baca Juga: Enam Keuntungan Servis Mobil di Bengkel Resmi

Baca Juga: Kini Service Mobil Hyundai Bisa di Mana Saja




Share To


galih

galih

Jan. 19, 2021, 7 a.m.


tags : Honda Brio Mobil Honda Honda Brio Terlaris 2020 Otomotif Mobil Terlaris di Indonesia Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 28 July 2021 7:00 a.m.

Joey Jordison, Eks Drummer Slipknot Meninggal Dunia

Entertainment 22 July 2021 11:00 a.m.

Perkenalkan Socios Sponsor Baru Inter Milan