Hindia-Mantra-Vutura.jpg

Hindia X Mantra Vutura Hadirkan 'Percakapan Pt1.'

oleh: inggil Entertainment Monday, 11 May 2020 7:00 a.m.


Mancode - Bukan hal baru bagi duo Mantra Vutura (Tristian Juliano dan Zakari Danubatara) untuk merilis lagu berseri. Terbarunya grup musik elektronik itu berkolaborasi bersama Baskara Putra alias Hindia dalam lagu ‘Percakapan Pt.1’. Sebelumnya, duo Mantra Vutura pernah merilis lagu instrumental ‘The Creation Pt. 1’ dan ‘The Creation Pt. 2’ dalam album EP Solar Labyrinth (2017) yang dilanjutkan dengan lagu ‘The Creation Pt. 3’ di album penuh Human (2019).

Alasan Mantra Vutura membuat lagu ini berseri adalah konseptual, yaitu agar lagu ini memiliki umur yang panjang, tidak hanya berhenti di satu titik saja. Sedangkan, pada single terbarunya kolaborasi Mantra Vutura dengan Hindia masih berhubungan dengan lagu sebelumnya ‘2020’ yang dirilis pada bulan lalu yang sama-sama mengangkat tema hubungan manusia dan penciptanya.

Ide lagu ‘Percakapan Pt.1’ sendiri sudah bergulir sejak Hindia dan band pengiring, Lomba Sihir sedang menjalankan tur Bayangan awal tahun 2020 ini. Setengah dari Mantra Vutura, Tristan Juliano memulai proses penulisannya di sela tur, sambil mengalami intervensi beberapa tangan, termasuk Rayhan Noor (gitaris Lomba Sihir). Hingga ketika selesai tur, demo ‘Percakapan Pt. 1’ digarap oleh Zakari Danubrata yang membawanya masuk ke proses rekaman.

Keputusan untuk mengajak Hindia sebagai kolaborator didasari karakter vokal Hindia dan ketajaman liriknya. Kombinasi tersebut dirasa pas untuk menyempurnakan lagu yang komposisinya terdengar kompleks, tidak berarturan dan chaos ini. Kemudian, di tengah jalan Hindia menawarkan untuk memperpanjang nyawa lagu ini dengan menjadikannya proyek bersama. Atas dasar itulah tercipta judul ‘Percakapan Pt.1’ yang diharapkan akan berlanjut ke Percakapan Pt. 2, 3, 4, dst.

Art-Work-Percakapan.jpg

Bagi Hindia sendiri lagu ini menjadi penanda arahan baru musiknya. Ia mencoba masuk ke area yang belum pernah dijamah pada album perdana/rilisan lepasannya yang lain.

“Sebelumnya ada suatu spektrum perasaan tertentu yang saya dan Mantra Vutura ingin abadikan dengan suara yang khas dan visual yang spesifik pula. Namun kami masing-masing sadar bahwa hal itu hampir mustahil untuk dicapai sendiri-sendiri. Dan ini yang jadi dorongan terbesar bagi Mantra Vutura dan Hindia dalam menciptakan Percakapan Pt. 1,” Ujar Hindia dari pers rilis yang diterima Mancode.

“Ini merupakan awal dari sebuah kolaborasi panjang antara Mantra Vutura dan Hindia, juga semoga ke depannya kami dapat mengajak banyak kolaborator lain lagi,” ditambahkan oleh Mantra Vutura.

Pesan yang terdapat dalam single ‘Percakapan Pt. 1’ ini seolah menjadi penampakan sisi putus asa manusia ketika doa-doanya tidak diindahkan. Juga menjadi dialog antara mereka yang menyalahkan Tuhan atas situasi dan keterpurukan yang mana adalah akibat ulah manusia sendiri.

Meskipun penuh pertentangan, lagu ini tetap mengingatkan kita untuk memperbaiki rasa syukur yang seringkali absen, dan agar kita kembali lagi di jalan-Nya. Hal ini tampak dalam potongan lirik yang ditulis Hindia.

Baca Juga: Nuansa Karantina di Single HINDIA 'Ramai Sepi Bersama'

Baca Juga: Semangat Rizky Febian dalam ‘Melawan Demi Dunia’

Baca Juga: Single Spesial Donnie Sibarani ‘Aku Untukmu’


Share To


inggil

inggil

May 11, 2020, 7 a.m.


tags : Hindia Single Baru Mantra Vutura Percakapan Pt1 Mantra Vutura Tristian Juliano Baskara Putra


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like