Hindari 5 Kebiasaan Ini dalam Mencuci Tangan.jpg

Hindari 5 Kebiasaan Ini dalam Mencuci Tangan

oleh: rachli Life Style Wednesday, 27 May 2020 9:00 a.m.


Mancode - Gelombang pandemi Covid-19 yang mewabah di sejumlah negara, termasuk Indonesia, membuat setiap orang lebih memerhatikan gaya hidup yang lebih sehat. Mulai dari pola makan untuk menjaga kondisi tubuh, hingga hal sederhana seperti cuci tangan yang selalu dilakukan hampir setiap saat.

Mencuci tangan menjadi salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang selalu digaungkan sejak lama untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Untuk mendapat manfaat yang optimal dalam mencuci tangan di antaranya harus menggosok seluruh bagian tangan.

Menukil dari laman Kompas (25/5/2020), berikut ini hal-hal yang membuat manfaat mencuci tangan kurang optimal.

Tidak Rutin Cuci Tangan

Tangan merupakan media yang sangat ampun untuk berpindahnya penyakit, karena tangan digunakan untuk menggenggam sesuatu yang tidak diketahui pasti kebersihannya. Alhasil, risiko virus bersarang di tangan akan semakin tinggi.

Ada sejumlah aktivitas yang membuat wajib cuci tangan, di antaranya setelah berada di tempat umum di mana mungkin menyentuh barang seperti keranjang belanja, meja atau gagang pintu. Lalu, setelah batuk atau bersin, dan setelah menyentuh hewan peliharaan.

Menggunakan Sabun Terlalu Sedikit

Menggunakan sabun dan air mengalir adalah cara efektif untuk mencuci tangan. Sayangnya, orang seringkali menggunakan sabun yang terlalu sedikit saat akan mencuci tangan. Gunakan sabun dengan ukuran yang tepat agar tangan benar-benar bersih.

Jika menggunakan sabun cair, gunakan sabun tersebut seukuran uang logam. Kemudian, ratakan sabun ke seluruh tangan agar kotoran dan virus terangkat dari tangan.

Tidak Menggosok Seluruh Bagian Tangan

Untuk membasahi tangan dengan air, harus menyapukan sabun ke seluruh bagian tangan, termasuk di sela-sela jari dan bawah kuku. Namun, tidak sedikit orang yang melewatkan tahap tersebut. Oleh karena itu, sebaikanya mencuci tangan dengan durasi minimal 20 detik agar memastikan seluruh tangan bersih.

Tidak Teliti Saat Membilas Tangan

Setelah semua sabun diaplikasikan ke seluruh bagian tangan, harus membilas tangan dengan air bersih untuk menghilangkan sabun. Membersihkan sabun dengan bersih membantu mengurangi risiko iritasi pada kulit. Jadi, pastikan sabun terangkat dari tangan saat membilasnya.

Tidak Mengeringkan Tangan

Kuman atau virus bisa berpindah dengan mudah dari tangan yang basah. Jadi, jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan handuk bersih usai mencuci tangan. Jika berada di tempat umum, gunakan tisu untuk mengeringkannya. Hindari menggunakan pengering listrik karena bisa menyebarkan kuman atau virus.

Baca Juga: Olahraga yang Cocok Saat Karantina Virus Corona

Baca Juga: Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah Sebelum Tidur

Baca Juga: 6 Tips Mencukur Janggut dengan Baik


Share To


rachli

rachli

May 27, 2020, 9 a.m.


tags : pandemi Covid-19 menjaga kondisi tubuh Mencuci Tangan Pandemi perilaku hidup bersih gaya hidup


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 21 September 2020 12:00 p.m.

Sounday Coba Raih Peruntungan di Industri Musik Tanah Air

Entertainment 21 September 2020 9:00 a.m.

Fina Phillipe, Presenter Cantik Doyan Touring Jarak Jauh

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru