henochsitompul.jpg

Henoch Sitompul Bertekad Angkat Derajat Barber Tanah Air (I)

oleh: galih History Thursday, 14 March 2019 11:00 a.m.


Nama Andreas Henoch Jehaziel Sitompul atau biasa disapa Henoch, tentu sudah tak asing lagi di kalangan barber (tukang cukur) di Tanah Air. Bisa dibilang, dia merupakan salah satu master barber Indonesia sekaligus pemilik bisnis barbershop bernama Pancos Barbershop yang terletak di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Dilansir dari wolipop.detik.com, Kamis (14/3/2019), kecintaan Henoch pada dunia pangkas-memangkas rambut sudah bermula sejak remaja. Dari situ, pria kelahiran Jakarta, 14 Mei 1982 bersemangat terus mendalami dunia barber.

Perjalanan karier Henoch menjadi barber profesional memang cukup berliku. Terutama ketika orangtuanya tak merestui Henoch bergelut di dunia barber. Henoch pun sempat rela meninggalkan bidang barber dengan menggeluti profesi lain. Mulai bekerja di penambangan hingga agen asuransi pernah dilakoninya.

Baca Juga: 4 Barbershop Favorit Pria Modern Jakarta

Namun, Henoch merasa bahwa profesi di luar bidang barber bukan passion-nya. Hasratnya pada dunia barber pun kembali tumbuh. "Akhirnya, saat itu tahun 2013, saya memutuskan untuk usaha sendiri, saya beli tools dan saya mulai memotong rambut saya sendiri,” kata Henoch seperti dilansir dari male.id.

Tak disangka, banyak kerabat dan teman-teman yang menyukai hasil potongan rambutnya. Dari informasi mulut ke mulut, permintaan akan pangkas rambut mulai berdatangan. Henoch pun mulai serius menjalankan usaha pangkas rambut.

"Mulai saat itu dari mulut ke mulut nama saya mulai dikenal. Dan teman saya menyarankan untuk serius sebagai barber. Dan saya mengeluarkan modal membeli alat Rp400 ribu dengan mematok harga umum setiap kali memotong rambut waktu itu, sekitar harga Rp20 ribu sampai Rp40 ribu," tambahnya.

Meski bangga dengan pencapaiannya tersebut, Henoch tak langsung berpuas diri. Pada 2014, dia sempat hijrah sejenak ke Amerika Serikat untuk berguru pada Vince Garcia. Dia merupakan sosok barber yang sangat disegani di komunitas seantero barber Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Tampil Keren dengan Gaya Rambut Temple Fade

Vince juga dikenal sebagai barber langganan selebriti dunia. Di antaranya ada Drake, Ludacris, Tyrese hingga bintang NBA Lebron James dan Stephen Curry. "Dari situ saya belajar bahwa, barber is all about art and science. Potong rambut ada seninya, tapi juga harus didukung dengan tekniknya. Kedua faktor tersebut sangat menentukan kualitas seorang barber," kata Henoch.


Share To


galih

galih

March 14, 2019, 11 a.m.


tags : barbershop Henoch Sitompul Barberman Henoch Sitompul History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival