Hari-Relawan-PMI.jpg

Hari Relawan PMI Jadi Bentuk Apresiasi Semua Relawan

oleh: rachli History Thursday, 26 December 2019 12:00 p.m.


Mancode - Setiap tahunnya pada 26 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI). Peringatan ini didasari dari kesepakatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 5 Desember sebagai Hari Relawan Internasional.

Peringatan Hari Relawan Internasional diperingati sebagai salah satu bentuk apresiasi kekuatan dan potensi para relawan dari berbagai lembaga dan komponen di seluruh dunia. Keberadaan relawan banyak bermunculan, dan sudah menampilkan berbagai aksi sosial kemanusiaan.

Baca Juga: Hari Ini 56 Tahun Penembakan John F. Kennedy

Relawan PMI telah mendapat pengakuan dengan dinyatakannya pada 26 Desember sebaga Hari Relawan PMI oleh Presiden kelima Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005, setahun pasca bencana Tsunami di wilayah Sumatera.

Seiring dengan berjalannya waktu, PMI semakin terpacu untuk meningkatkan strategi pembinaan relawan melalui pendekatan menyiapkan sumber daya manusia yang profesional. Langkah tersebut bertujuan untuk melaksanakan pelayanan kemanusiaan dengan membantu masyarakat yang mengalami kesusahan atau korban konflik dan bencana.

77236096_2212353499067351_5828268592993582416_n.jpg

Menukil laman PMI, PMI sendiri memiliki ribuan sukarelawan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Mereka tergabung dalam wadah Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), Donor Darah Sukarela (DDS), Corporate Volunteer.

Baca Juga: Program Basmi Malaria Lahirkan Hari Kesehatan Nasional

PMR merupakan wadah kegiatan remaja di sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahan melalui program kegiatan ekstrakurikuler. Sementara itu, KSR adalah kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR.

Lalu, TSR adalah anggota PMI yang direkrut perseorangan dari kalangan masyarakat yang berlatar belakang profesi atau keterampilan tertentu, misalnya dokter, ahli gizi, sanitasi, akuntan, jurnalis, seniman, guru, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Melihat Sejarah Asli Stasiun Gambir

Untuk DDS adalah orang yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. Sedangkan, Corporate Volunteer adalah relawan yang terlahir dari kalangan tenaga profesional perusahaan, yang memberikan wadah baru kepada perusahaan dan tenaga profesional untuk berpartisipasi dalam misi kemanusiaan PMI.

Hari Relawan menjadi momentum untuk mengapresiasi semua relawan yang telah melakukan pelayanan dengan penuh dedikasi. Bahkan, dalam situasi yang sulit dan terkadang membahayakan untuk memberikan bantuan dan mempromosikan perdamaian di seluruh dunia.


Share To


rachli

rachli

Dec. 26, 2019, 12:21 p.m.


tags : PMI donor darah PMR relawan palang merah Indonesia 26 Desember hari relawan PMI


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'

Life Style 29 September 2020 12:00 p.m.

Asyiknya, Menikah di Jepang dapat Insentif Rp84 Juta

Entertainment 29 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Sisi Lain Syafira Febrina dalam “Hati Yang Terluka”