Persahabatan.jpg

Hari Persahabatan Internasional, Berawal dari Strategi Bisnis

oleh: galih Life Style Thursday, 30 July 2020 10:00 a.m.


Mancode – Persahabatan bagai kepompong, hal yang tak mudah berubah jadi indah. Itulah sepenggal lirik lagu Kepompong yang dibawakan Sind3ntosca. Lagu yang dirilis 2017 ini, menceritakan persahabatan seseorang yang sangat berarti.

Persahabatan memang punya makna mendalam bagi setiap orang. Bagi kamu yang memiliki sahabat dan sangat menghargai persahabatan, tanggal 30 Juli menjadi hari istimewa buat kamu dan sahabatmu. Sebab, hari tersebut adalah perayaan Hari Persahabatan Internasional atau International Day of Friendship.

Melansir berbagai sumber, pada 1930, Hari Persahabatan dicetuskan oleh Joyce Hall, pendiri Hallmark Cards, sebuah perusahaan pembuatan kartu ucapan dengan berbagai keperluan. Ini dibuat Hall sebagai salah satu strategi penjualan kartu.

Hall menginginkan adanya hari tambahan untuk menciptakan momen liburan yang bisa dimanfaatkan masyarakat Amerika Serikat untuk saling menyapa teman atau sahabat dengan cara mengirim kartu-kartu ucapan. Ternyata, ide tersebut disukai banyak orang. Penjualan kartu dan pengirimannya meningkat.

Kemudian pada 1968, Dr Ramon Aremio Bracho mengadakan acara makan malam bersama seluruh temannya di Puerto Pinasco, sebuah kota di tepi sungai 200 mil dari north of Asuncian, Paraguay.

Acara makan malam ini berlangsung luas dan tidak ada perbedaan suku, agama, ras, gender, warna kulit dan wilayah negara. Semua orang menyatu dan berteman dengan akrab tanpa memikirkan perbedaan.

Kepuasan dari mereka yang hadir ini akhirnya mencetuskan ide untuk menjadikannya sebagai Hari Persahabatan Sedunia, yakni hari di mana semua orang bisa bersahabat dengan siapa saja tanpa memikirkan tentang perbedaan yang ada di antara mereka. Sejak itu, Hari Persahabatan telah dirayakan di Paraguay setiap 30 Juli.

Diresmikan PBB

World Friendship Crusade pun selama bertahun-tahun terus menyampaikan kepada United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membuat Hari Persahabatan menjadi hari yang resmi. PBB pada 2011 pun setuju untuk menetapkan 30 Juli sebagai International Day of Friendship (Hari Persahabatan Internasional).

PBB memiliki definisi Culture of Peace sebagai seperangkat nilai-nilai, sikap, dan prilaku menolak kekerasan dan berusaha untuk mencegah konflik antarsesama. Selain itu, persahabatan antarmasyarakat, negara, dan budaya juga menjadi gagasan terbentuknya Hari Persahabatan Internasional.

Baca Juga: Makna dan Sejarah Hari Arafah

Baca Juga: Menilik Sejarah Peringatan Hari Bumi Sedunia

Baca Juga: Mengulik Sejarah dan Inisiator Hari Keluarga Nasional


Share To


galih

galih

July 30, 2020, 10 a.m.


tags : Makna Persahabatan Hari Persahabatan Internasional Persahabatan Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'