Ilustrasi Hari Olahraga Nasional.jpg

Hari Olahraga Nasional, Berawal dari PON di Surakarta

oleh: galih History Thursday, 9 September 2021 8:00 a.m.


Mancode – Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap 9 September. Tahun ini, peringatan Haornas diperingati di tengah pandemi dengan mengusung tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Mengulik dari sejarahnya, banyak sebagian orang mengira bahwa peringatan Haornas erat kaitannya dengan Pekan Olahraga Nasional (PON). Itu memang benar adanya. Cikal bakal ditetapkannya Haornas berawal dari perhelatan PON ke-1 di Surakarta, Jawa Tengah.

Penetapan peringatan Haornas bertepatan dengan pembukaan PON ke-1 yang berlangsung pada 9 – 12 September 1948. Perhelatan PON ini terbentuk akibat kegagalan atlet Indonesia berlaga di kancah internasional, tepatnya dalam Olimpiade Musim Panas XIV di London, Inggris.


Padahal, saat itu para atlet sudah disiapkan oleh Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dan dibantu Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI). Namun, Inggris sebagai tuan rumah Olimpiade 1948, belum mengakui kemerdekaan Indonesia dan tidak bisa menerima paspor dari Indonesia.

Agar bisa berlaga di Olimpiade, Inggris menawarkan Indonesia untuk menggunakan paspor Belanda. Indonesia memilih langkah tegas menolaknya dan memilih tidak berpartisipasi dalam Olimpiade tersebut.

Indonesia pun akhirnya ambil langkah membuat pesta olahraga sendiri di dalam negeri. PORI saat itu yang menerima kegagalan atlet Indonesia berlaga di Olimpiade, selanjutnya berencana membuat PON pertama di Surakarta.

Pada PON perdana tersebut, ada 9 cabang olahraga yang dipertandingan. Di antaranya atletik, bola keranjang, bulu tangkis, tenis meja, renang, sepak bola, panahan, bola basket dan pecak silat.

Adapun kontingen yang mengikuti PON ini adalah sebanyak 13 kontingen, yaitu Surakarta, Yogyakarta, Kediri, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semaran, Pati, Jakarta, Banyuwangi, Kedu, dan Surabaya.

Dari 13 kontingen tersebut, ada sebanyak 600 atlet yang memperebutkan 108 medali. Meski baru digelar perdana, perhelatan PON ke-1 sukses digelar dan dihadiri 40 ribu penonton yang hadir di Stadion Sriwedari, Surakarta.

Penetapan Haornas

Kesuksesan PON ke-1 Surakarta akhirnya berkembang menjadi event olahraga yang digelar empat tahun sekali. Kesuksesan gelaran PON mengilhami lahirnya Haornas. Berawal dari Sidang Paripurna KONI XIII di Senayan, Jakarta pada 16-17 Mei 1983, muncul usulan dari Ketua Umum KONI Pusat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX terkait dengan penetapan Haornas.

Pada sidang tersebut, akhirnya diputuskan peringatan Haornas akan diperingari setiap tanggal 8 September. Tapi dalam prosesnya, ada pro kontra soal penetapan ini.

Akhirnya, muncul kesimpulan Haornas akan diperingati pada 9 September, yang bertepatan dengan pembukaan PON ke-1 pada 1948. Hingga kini, pada 9 September setiap tahunnya diperingati sebagai Haornas.

Setiap peringatan Haornas, selalu mengusung tema yang berbeda. Tahun ini, pemerintah menetapkan tema Haornas 2021 adalah Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

“Tema untuk Haornas ke-38 ini adalah Desain Besar Olahraga Nasinal Menuju Indonesia Maju. Mengapa tema ini yang kami angkat untuk menjadi tema Haornas ke-38? Karena rencananya Desain Besar Olahraga Nasional akan dimulai dan diimplementasikan oleh bapak Presiden," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Tema tersebut akan diimplementasikan untuk menelurkan banyak atlet-atlet berprestasi di kancah internasional.

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga Ekstrim Parkour Bagi Tubuh

Baca Juga: Kenali Jenis Sepeda Sesuai Kebutuhan Olahraga

Baca Juga: Esports Jadi Cabor Eksibisi di PON XX Papua 2021




Share To


galih

galih

Sept. 9, 2021, 8 a.m.


tags : Selamat Hari Olahraga Nasional History Peringatan Hari Olahraga Nasional Pekan Olahraga Nasional Sejarah Hari Olahraga Nasional PON Haornas


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 6 September 2021 13:00 p.m.

Kisah Cinta Masa Lalu Rifan Kalbuadi dalam “Thought of You”

Entertainment 2 September 2021 10:00 a.m.

Toxic Love ala FLØRE dalam ‘Cigarette’

Entertainment 24 August 2021 7:00 a.m.

Vokalis Sex Pistols John Lydon Digugat di Pengadilan Tinggi