Hari Kanker Sedunia.jpg

Hari Kanker Sedunia 2020 Usung Tema I Am and I Will

oleh: rachli History Tuesday, 4 February 2020 12:00 p.m.


Mancode - Pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day. Diperingatinya hari kanker sedunia ini guna meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, serta pengobatan kanker.

Hari Kanker Sedunia sendiri dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC). Pada 4 Februari 2000, Hari Kanker Sedunia ditulis dalam Charter of Paris Against Cancer (Piagam Paris Melawan Kanker). Dalam dokumen tersebut ditandatangani oleh Presiden Prancis, kala itu adalah Jacques Chirac dan Koichiro Matsuura, selaku Direktur Jenderal UNESCO yang menjabat saat itu.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya NU, Organisasi Islam Terbesar Indonesia

Peringatan ini juga digelar untuk mendukung tujuan Deklarasi Kanker Dunia yang dibuat pada tahun 2008 silam.

Salah satu gerakan yang paling dikenal adalah #NoHairSelfie. Gerakan ini meminta masyarakat untuk mencukur rambut mereka, baik secara nyata maupun virtual. Aksi ini dilakukan untuk memberikan dukungan bagi mereka yang tengah menjalani perawatan kanker. Aksi mencukur rambut dinilai sebagai simbol keberanian bagi para pasien kanker.

Tahun ini, peringatan Hari Kanker Sedunia mengusung tema I Am and I Will, sama seperti 2019 dan 2021. Tema tersebut dipilih untuk meningkatkan kesadaran dan melawan kanker sebagai komitmen setiap individu.

Peringatan Hari Kanker Sedunia yang terselenggara untuk ke-20 kalinya ini, UICC melakukan survei global mengenai persepsi publik terhadap kanker yang melibatkan lebih dari 15 ribu orang dewasa di 20 negara. Hasilnya, menunjukkan adanya perbedaan kesadaran terhadap kanker di antara orang-orang kelompok sosial ekonomi menengah ke atas dan rendah.

Baca Juga: Hari Relawan PMI Jadi Bentuk Apresiasi Semua Relawan

Kanker merupakan kondisi di mana terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkendali. Pertumbuhan sel yang abnormal ini dapat membentuk benjolan yang umum dikenal dengan tumor. Benjolan berlaku bagi semua jenis kanker, kecuali kanker darah. Jika tidak diobati, tumor dapat tumbuh dan menyebar ke jaringan normal di sekitarnya hingga memperparah kondisi.

Hingga saat ini, kanker menjadi salah satu penyakit yang telah membunuh 9,6 juta orang. Jumlah tersebut bisa menjadi 13,2 juta orang per tahun pada 2030. Pengetahuan, kesadaran, dan kemauan melawan kanker bisa menurunkan jumlah tersebut sekitar sepertiga atau sekitar 4,4 juta orang.

Baca Juga: Kenali Jenis Kanker Tulang yang Diderita Putri Luis Enrique

Di Indonesia sendiri, kanker juga menjadi salah satu penyakit dengan jumlah kematian terbanyak. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mencatat peningkatan prevalensi kanker dari 1,4 persen per 1.000 penduduk pada 2013 menjadi 1,8 persen per 1.000 penduduk pada 2018.


Share To


rachli

rachli

Feb. 4, 2020, 12:38 p.m.


tags : Union for International Cancer Control World Cancer Day Hari Kanker Sedunia 2020 pengobatan kanker Hari Kanker Sedunia UICC


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 27 February 2020 15:00 p.m.

SIC MYNDED Rilis Single ‘Peace Within’

Technology 27 February 2020 12:00 p.m.

Streaming Musik Sambil Baper dengan Resso

Fashion Style 27 February 2020 9:00 a.m.

Adidas X James Bond Hadirkan Ultra Boost 20

Life Style 26 February 2020 15:00 p.m.

Risiko dari Seks Oral