JFK.jpg

Hari Ini 56 Tahun Penembakan John F. Kennedy

oleh: fachrul History Friday, 22 November 2019 14:00 p.m.


Mancode - Hari ini 56 tahun lalu (22 November 1963), Presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy (JFK) ditembak di Dallas, Texas. JFK dibunuh ketika berada dalam kunjungan politik ke Texas untuk meredam gesekan di internal Partai Demokrat antara kader liberal Ralph Yarborough dan Don Yarborough (tidak ada hubungan keluarga) dan kader konservatif John Connally.

JFK ditembak sekali di tenggorokan, sekali di punggung atas dan satu tembakan mematikan di kepala. Lee Harvey Oswald dituding sebagai pelakunya dan ditahan malam itu juga, namun Jack Ruby menembaknya sampai mati dua hari kemudian, sebelum pengadilan Oswald diselenggarakan. FBI dan Komisi Warren secara resmi menyimpulkan Oswald sebagai pembunuh tunggal. Akan tetapi, Komite Pembunuhan Istimewa DPR Amerika Serikat (HSCA) berpendapat bahwa investigasi tersebut tidak sepenuhnya benar dan JFK mungkin dibunuh akibat persekongkolan.

John Fitzgerald Kennedy (JFK) lahir di 83 Beals Street, Brookline, Massachusetts, pada tanggal 29 Mei 1917 dari pasangan pebisnis/politikus Joseph Patrick "Joe" Kennedy, Sr. (1888–1969) dan filantropis Rose Elizabeth Fitzgerald (1890–1995).

Setelah menjalani dinas militer sebagai komandan Kapal Torpedo Motor PT-109 dan PT-59 saat Perang Dunia II di Pasifik Selatan, JFK menjadi perwakilan distrik kongres ke-11 Massachusetts di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat sejak 1947 sampai 1953 dari Partai Demokrat. Setelah itu, ia menjabat di Senat Amerika Serikat sejak 1953 sampai 1960. JFK mengalahkan Wakil Presiden dan kandidat Republik Richard Nixon dalam pemilu presiden AS 1960.

Pada usia 43 tahun, ia menjadi presiden termuda yang pernah menjabat, Presiden termuda kedua (setelah Theodore Roosevelt), dan presiden pertama yang lahir pada abad ke-20. Sampai sekarang, JFK seorang Katolik, satu-satunya presiden non-Protestan dan satu-satunya presiden pemenang Hadiah Pulitzer.

Banyak pidato JFK, terutama pidato pelantikannya, yang dianggap ikonik. Meski jabatannya terbilang pendek dan perubahan legislatif besarnya tidak banyak yang terwujud pada masa pemerintahannya, rakyat Amerika Serikat sering memilih JFK sebagai salah satu presiden terbaik, sejajar dengan Abraham Lincoln, George Washington, dan Franklin D. Roosevelt. Sejumlah kutipan pidato pelantikan Kennedy dipahat di sebuah plakat di makamnya di Arlington.

JFK diberi Pacem in Terris Award secara purnawirawan. Nama penghargaan tersebut diambil dari surat ensiklik Paus Yohanes XXIII tahun 1963 yang meminta semua orang berniat baik untuk menjaga perdamaian seluruh bangsa. Pacem in Terris adalah kalimat Latin yang berarti 'Perdamaian di Bumi'.

Nama John F. Kennedy diabadikan dalam:

- Bandar Udara Internasional John F. Kennedy, fasilitas penerbangan (berganti nama dari Idlewild pada Desember 1963) di Queens County, New York City; gerbang internasional tersibuk di Amerika Serikat

- Bandar Udara Memorial John F. Kennedy, fasilitas penerbangan di Ashland County, Wisconsin, dekat kota Ashland

- Jembatan Memorial John F. Kennedy, penghubung transportasi tujuh lajur melintasi Sungai Ohio; jembatan ini rampung pada akhir 1963 dan menghubungkan Kentucky dan Indiana

- John F. Kennedy School of Government, institusi pendidikan yang berganti nama dari Harvard Graduate School of Public Administration pada tahun 1966

- John F. Kennedy Space Center, instalasi pemerintah AS yang mengelola dan mengoperasikan fasilitas peluncuran astronot di Titusville, dekat Cocoa Beach, FL

- John F. Kennedy Special Warfare Center and School, tempat pelatihan personel Angkatan Darat Amerika Serikat untuk Komando Operasi Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat dan Pasukan Operasi Khusus Angkatan Darat di Fort Bragg, di luar Fayetteville, NC

- John F. Kennedy University, institusi pendidikan swasta yang didirikan di California tahun 1964; kampusnya terletak di Pleasant Hill, Campbell, Berkeley, dan Santa Cruz

- USS John F. Kennedy (CV-67), kapal induk Angkatan Laut AS yang dipesan bulan April 1964, diluncurkan Mei 1967, dibebastugaskan Agustus 2007, dan diberi julukan "Big John"

- John F. Kennedy High School, nama sejumlah sekolah sekunder di Amerika Serikat

- USS John F. Kennedy (CVN-79), kapal induk Angkatan Laut AS yang dibangun tahun 2011 dan dijadwalkan bertugas tahun 2020.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda


Share To


fachrul

fachrul

Nov. 22, 2019, 2:11 p.m.


tags : John F. Kennedy JFK Lee Harvey Oswald


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia