Hari-Diabetes-Sedunia.jpg

Hari Diabetes Sedunia 2019 Usung Tema Keluarga dan Diabetes

oleh: rachli History Thursday, 14 November 2019 12:00 p.m.


Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day (WDD) diperingati setiap tahunnya pada 14 November. Penyakit diabetes diperingati dalam menyikapi peningkatan pesat diabetes di seluruh dunia. Untuk tema Hari Diabetes Sedunia setiap tahunnya berganti.

Hari Diabetes Sedunia merupakan kampanye kesadaran global terhadap diabetes militus. Hari Diabetes Sedunia pertama kali diperingati pada 1991 oleh International Diabetes Federation (IDF) dan organisasi kesehatan dunia (WHO) dalam menyikapi peningkatan diabetes di seluruh dunia.

Peringatan hari diabetes sedunia berfokus pada sebuah tema yang berkaitan dengan diabetes, yang merupakan penyakit tidak menular yang dapat dicegah dan diobati. Topik yang dibahas biasanya juga termasuk hak asasi manusia, gaya hidup, obesitas, anak-anak dan remaja.

Baca Juga: Awal Diperingatinya Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Pada tahun 2016, Hari Diabetes Sedunia dirayakan lebih dari 230 anggota asosiasi IDF dari 160 lebih negara dan wilayah, serta dengan organisasi lainnya, seperti perusahaan, profesional kesehatan, politisi, dan orang yang hidup dengan diabetes beserta keluarga.

Tahun ini, menurut International Diabetes Federation, tema untuk kesadaran diabetes dan Hari Diabetes Sedunia 2019 adalah keluarga dan diabetes. Tema tersebut dimaksudkan terhadap peningkatan kesadaran akan diabetes harus dimulai dari keluarga.

Peringatakan Hari Diabetes Sedunia 2019 juga akan mempromosikan peran keluarga dalam manjemen, perawatan, pencegahan dan pendidikan diabetes serta meningkatkan kesadaran akan dampak diabetes pada keluarga dan jaringan pendukung mereka yang terkena dampak.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kesehatan Mental

Penelitian yang dilakukan oleh IDF pada tahun 2018 menemukan, sebagian besar orang tua yang disurvei memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes. Empat dari lima orang tua yang mengkhawatirkan akan mengalami kesulitan mengenali tanda-tanda diabetes.

Temuan tersebut mengindikasikan perlu adanya pendidikan dan kesadaran untuk membantu orang yang menemukan tanda-tanda peringatan diabetes sejak dini. Kurangnya pengetahuan diabetes seperti menemukan tanda diabetes juga bukan jadi masalah orang tua, tapi juga merupakan masalah yang berdampak pada masyarakat luas.

Ini merupakan masalah utama karena tanda-tanda kecil pada diabetes tipe dua merupakan bentuk paling umum yang harus sudah diketahui. Selain itu, tanda-tanda kecil ini bertanggung jawab untuk sekitar 90 persen dari semua diabetes.

Baca Juga: Program Basmi Malaria Lahirkan Hari Kesehatan Nasional

Penyakit diabetes akan menyebabkan beberapa komplikasi seperti kebutaan, amputasi, gagal ginjal, serangan jantung dan stroke. Diabetes juga telah menyebabkan empat juga kematian pada tahun 2017.

Di banyak negara, biaya injeksi insulin dan pemantauan diabetes menghabiskan setengah dari pendapatan rata-rata keluarga. Oleh karena itu, meningkatakan akses ke obat-obatan dan perawatan diabetes yang terjangkau sangat penting untuk menghindari peningkatan biaya bagi individu dan keluarga.


Share To


rachli

rachli

Nov. 14, 2019, 12:04 p.m.


tags : World Diabetes Day Hari Diabetes Sedunia 2019 Organisasi Kesehatan Dunia penyakit tidak menular diabetes militus WHO


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 18 February 2020 12:00 p.m.

Yasmin Napper, Mencuri Perhatian lewat Klip Armada

Entertainment 18 February 2020 11:00 a.m.

Serigala jadi Single Berbahasa Indonesia Protocol Afro

Technology 18 February 2020 10:00 a.m.

Mantap! Sekarang Bayar SPP Bisa Pakai GoPay

Entertainment 18 February 2020 9:00 a.m.

Duka Mendalam untuk Ashraf Sinclair