Narkoba.jpg

Hari Anti Narkoba Internasional, Begini Sejarahnya

oleh: galih History Friday, 26 June 2020 16:00 p.m.


Mancode – Peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dunia dari tahun ke tahun makin memprihatinkan. Sebagai bentuk keprihatinan terhadap hal tersebut, setiap 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Internasional atau HANI.

Menurut United Nations, dipilihnya 26 Juni sebagai HANI setiap tahunnya ini, sebenarnya sekaligus untuk memperingati momen pembongkaran perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guandong, Cina.

Lin Zexu merupakan seorang pejabat yang jujur pada masa pemerintahan Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing Manchu. Dia dikenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Cina oleh bangsa asing.

Kala itu, dia melihat negaranya semakin terpuruk karena harga negaranya yang terus mengalir ke Inggris untuk membeli obat terlarang dan ada ketergantungan akan opium.

Lin Zexu menilai hal tersebut adalah kesalahan besar. Makanya, dia bertekad untuk menumpas obat terlarang tersebut. Perjuangannya tak berjalan mulus, karena memicu Perang Candu antara Cina dan Inggris.

Kemudian, Kaisar Daoguang memanggil Lin Zexu untuk membahas penerapan larangan terhadap perdagangan opium. Dihadapan Kaisar, dia menegaskan bahwa opium harus dilarang karena konsumsinya bisa menghabiskan kekayaan negara.

Aksi heroik Lin Zexu ini mengilhami Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengesahkan HANI pada Juni. Sebab, pada bulan yang sama pada 1839, opium hasil sitaan dimusnahkan di depan publik atas perintah Lin Zexu.

Beda Tema

Tiap tahunnya, HANI diperingati dengan tema-tema yang beragam. Seperti pada tahun lalu, United Nations on Drugs & Crime (UNODC) mengangkat tajuk Health for Justice. Justice for Health ini dimaksudkan pada penanganan terhadap masalah narkoba yang memerlukan andil dari semua pihak.

Sedangkan tahun ini, tema yang diangkat adalah “Better Knowledge for Better Care”. Tema ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang masalah narkoba dunia dan mendorong kerja sama internasional untuk melawan dampak narkoba.

Baca Juga: Sejarah 26 Juni: Penemuan Sepeda Dipatenkan

Baca Juga: Sejarah Pensiunnya Sang Legenda Tinju, Muhammad Ali

Baca Juga: Napak Tilas Sejarah Penetapan Hari Jadi Jakarta


Share To


galih

galih

June 26, 2020, 4 p.m.


tags : Narkoba Sejarah Hari Anti Narkoba Hari Anti Narkoba Internasional History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 28 September 2020 7:00 a.m.

Tulus Cinta Fienda Fernai di Single 'Rahasia Cinta'

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”