Komunitas-HAJAKA.jpg

HAJAKA, Komunitas Pecinta Handphone Jadul

oleh: inggil Mancave Tuesday, 5 October 2021 8:00 a.m.


Mancode - Beberapa orang memang suka mengoleksi barang-barang lawas yang kaya akan cerita. Pecinta benda jadul ini biasanya mempunyai komunitas tersendiri salah satunya ialah Hajaka singkatan dari Hp Jadul Jakarta. Tentu dari namanya kalian pasti sudah tau bukan jika anggota dari komunitas ini gemar banget koleksi handphone jadul.

Awal terbentuknya komunitas ini berawal dari Jembatan Hitam yang terletak di Jatinegara, Jakarta Timur. Bisa dibilang di sana memang terkenal sebagai surganya barang-barang bekas atau barang loakan. Nah, dari sana pula beberapa anggota komunitas Hajaka ini bertemu saat berburu ponsel jadul.

"Itu lah pusatnya dulu Hajaka berdiri, makanya dulu basecamp-nya di Jembatan Item. Kayak saya dan beberapa orang itu ada gerai di situ. Hunting sekaligus ngumpul jual beli juga, konsultasi," ucap Ketua Komunitas Hajaka, Masato seperti yang dilansir dari Kompas.


Terbentuknya komunitas ini pun secara spontan lantaran salah satu anggotanya Wisnu saat itu sengajar mengikuti kopdar komunitas hp jadul di Bogor. Sebuah ide pun langsung terlintas di pikiran Wisnu yakni membuat komunitas sendiri bagi penggemar hp jadul Jakarta.

"Waktu itu tahun 2015 saya pulang dari sana (Bogor) mikir kok Jakarta belum ada. Ya sudah langsung bikin," tutur Wisnu.

Akhirnya pada 7 Juni 2015, komunitas ini resmi terbentuk dengan jumlah anggota yang sudah mencapai ratusan. Sudah enam tahun terbentuk, mereka rutin melakukan kopdar minimal satu kali dan sebulan.

Lebih lanjut Ian, salah satu anggota Hajaka bilang minat masyarakat terhadap handphone jadul tidak bisa dianggap kecil. Selalu ada aja orang yang nyari, bahkan dikoleksi. Di Hajaka sendiri saja sudah ada lebih dari 100 anggota yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Setiap daerah pun ada semacam ketuanya.

Para anggota komunitas tidak semuanya hanya menjadi kolektor. Masato menyebut, agar HP jadul tidak punah dimakan zaman, maka sesama anggota pun saling melakukan transaksi jual beli. "Ya untuk melestarikan kita pun harus jual beli. Saat kopdar pun memang menjadi ajang bagi para anggota untuk menunjukkan koleksinya masing-masing.

Ada yang pemain murni yang jual beli, ada yang kolektor, ada cuma ikut enggak punya juga enggak apa-apa cuma lihat-lihat," kata dia.

Baca Juga: Pagi Seru Bersama Komunitas Hunting Pasar

Baca Juga: Indonesian Pomade Enthusiast, Komunitas Rambut Klimis

Baca Juga: Belajar Sejarah bersama Komunitas Reenactor Indonesia




Share To


inggil

inggil

Oct. 5, 2021, 8 a.m.


tags : Profil Komunitas HAJAKA Pecinta Handphone Jadul Komunitas HAJAKA Handphone Jadul Jakarta Komunitas Handphone Jadul HAJAKA Komunitas


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 19 October 2021 11:00 a.m.

Seri Kelima HRSC Lahirkan Juara Baru

Entertainment 19 October 2021 6:00 a.m.

Selamat! Indonesia Juara Thomas Cup 2020

Entertainment 18 October 2021 11:00 a.m.

5 Momen Seru Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Mugen Train Arc