ciu-corona-desa-wlahar.jpg

Hadapi Virus Corona Bupati Banyumas Bikin Hand Sanitizer dari CIU

oleh: inggil Life Style Monday, 23 March 2020 14:00 p.m.


Mancode.id - Virus corona saat ini sudah semakin meluas penyebarannya di beberapa wilayah Indonesia. Terhitung pada 22 Maret 2020, total pasien virus corona menjadi 514 orang. Hampir setengah dari jumlah pasien positif corona ada di Jakarta sebanyak 267 orang. Akibatnya, dalam mencegah penyebaran corona yang semakin meluas sekolah serta beberapa perusahaan pun menerapkan sistem WFH atau Work from Home.

Di sisi lain, ada cara unik yang dilakukan Bupati Banyumas, Achmad Husein dalam perang melawan virus corona. Bisa dibilang ide ini cukup out of the box, melihat situasi melonjak dan semakin langkanya pembersih tangan (hand sanitizer) akibat panic buying, Husein memutuskan untuk membuatnya sendiri.

Baca Juga: Kenali Virus Corona dan Cara Penularannya

Uniknya, Husein ingin membuat hand sanitizer ini dari ciu. Husein berujar jika daripada dibuat untuk mabuk-mabukan maka lebih baik digunakan untuk hal yang positif. Bagi yang belum tahu, ciu adalah minuman beralkohol buatan lokal hasil destilasi air tebu yang populer di Jawa Tengah. Penyuplai ciu uji coba Husein pun diproduksi di Desa Wlahar.

CIU-CORONA.jpg

“Ya, daripada dibuat untuk mabuk-mabukan. Dari Wlahar, dari mana saja. Saya kemarin bikin sendiri, sudah diujicobakan,” kata Husein dikutip Tirto.

Baca Juga: Generali Berikan Pelayanan Klaim Virus Corona

Cairan uji coba yang dilakukan Husein itu mengandung 96 persen alkohol, gliserin sebagai penghalus, dan hydrogen peroksida sebagai antiseptik. Tidak ingin asal-asalan dalam membuat rencana ini, Bupati Banyumas ini juga sudah mengontak Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Banten.

Achmad-Husein-Bupati-Banyumas-CIU.jpg

“Saya sudah koordinasi dengan Puspitek untuk meningkatkan kadar alkohol antara 70 persen hingga 90 persen, lagi dibuatkan alatnya. Dalam waktu dekat sudah bisa direalisasikan,” tambah Husein.

Baca Juga: Jackie Chan Janjikan Imbalan Rp1 M Bagi Penemu Vaksin Corona

Saat ini tercatat di Desa Cikakak dan Wlahar, ada 210 produsen miras tradisional yang mampu menghasilkan 9-10 liter ciu per minggu. Padahal, Perda Banyumas No. 32/2015 menyatakan tidak diperbolehkan ada peredaran minuman keras di wilayah ini. Selama ini, ciu kerap disita aparat. Sekarang, menghadapi pandemi virus corona, ciu diharap bisa menjadi penyelamat masyarakat.


Share To


inggil

inggil

March 23, 2020, 2 p.m.


tags : Virus Corona Virus Corona Bupati Banyumas Achmad Husein ciu


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 9 July 2020 13:00 p.m.

Spotify Kenalkan Fitur Barunya 'Lirik'

Entertainment 9 July 2020 12:00 p.m.

Kembali Aktif Berkarya, SMVLL Rilis Single Let's Go

Entertainment 9 July 2020 11:00 a.m.

Debut Istimewa Biagi dengan Single 'In Your Eyes'