Gus-Sholah-Ulama.jpg

Gus Sholah, Ulama Sang Pejuang HAM

oleh: inggil History Monday, 3 February 2020 13:00 p.m.


Mancode - Indonesia baru saja kehilangan salah satu sosok ulama hebat sekaligus aktivis HAM. Solahuddin Wahid alias Gus Sholah yang juga pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, telah menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu (2/2) di usianya yang ke-77 tahun. Kabar meninggalnya beliau tersebut diinformasikan oleh anaknya, Irfan Wahid atau Ipang Wahid.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu,” tulis putra dari Gus Sholah, Irfan Wahid dalam akun twitternya, Minggu (2/2).

Lebih lanjutnya, Ipang Wahid menjelaskan jika kesehatan ayahnya terus menurun sejak dua minggu lalu. Diketahui saat itu, Gus Sholah tengah mengalami gangguan organ jantung.

Menurut rencana, jenazah akan disemayamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Pemilihan tempat tersebut telah dipilih oleh Gus Sholah jauh-jauh hari. Sebagai informasi, kompleks pemakaman di kawasan Pesantren Tebuireng sendiri diprioritaskan diisi oleh para pendiri dan pengasuh pondok pesantren.

Gus Sholah yang merupakan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) lahir di Jombang, 11 September 1942. Gus Sholah dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politisi, dan pejuang HAM Tanah Air. Pada 1998, dia juga pernah menjabat sebagai anggota MPR.

Semasa hidupnya, Gus Sholah merupakan pribadi yang lurus, idealis, dan pejuang hebat. Banyak orang berpendapat jika Gus Sholah mempunyai pandangan yang berbeda dari sang kakak Gus Dur. Dalam catatan Robin Bush di buku Nahdlatul Ulama and The Struggle for Power Within Islam and Politics in Indonesian, Gus Sholah pernah berdebat secara terbuka dengan Gus Dur.

Perdebatan itu mengenai bagaimana seharusnya gagasan sang ayah, KH. Wahid Hasyim yang diimplementasikan di Indonesia. Saling beradu argumen tersebut berlangsung dengan saling berbalas artikel di surat kabat Media Indonesia dari tanggal 8 sampai 23 Oktober 1998.

Dikenal sebagai pejuang HAM, sosok Gus Sholah mempunyai peran aktif dalam mengadvokasi kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masa orde baru. Salah satu perannya yakni memimpin TGPF (Tim Gabungan Pencari Fakta) yang bertujuan menyelidiki kasus kerusuhan Mei 1998.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mengatakan bahwa Gus Sholah merupakan pribadi yang tidak segan membela yang benar. Zainut yang juga Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan semua yang dilakukan adik almarhum mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid itu dilakukan tanpa pamrih dan beban, karena disampaikan dengan penuh keikhlasan.

“Beliau tidak segan menyampaikan kritik kepada siapapun jika dianggap salah dan membela siapapun yang benar meskipun orang lain menganggap salah,” katanya.

Ingin lebih mendalami dunia politik pada 2004, Gus Sholah pun dipinang Golkar untuk maju sebagai Cawapres berpasangan dengan Wiranto. Pasangan itu menempati urutan ketiga dan mendapatkan suara sekitar 20%.

Setelah malang melintang di dunia aktivisme dan politik, Gus Sholah pun kembali ke Jombang untuk mengasuh Pesantren Tebuireng yang didirikan oleh kakeknya. Beliau tetap mengabdikan diri dengan mengasuh pesantren dan menulis sampai akhir hayatnya.

Baca Juga: Sosok Gus Nadir yang Digadang Jadi Menteri Agama RI

Baca Juga: Gus Sholah Meninggal Dunia, Ini Profil Singkatnya

Baca Juga: Ketika Imlek Dilarang Soeharto dan Dibebaskan Gus Dur


Share To


inggil

inggil

Feb. 3, 2020, 1 p.m.


tags : Nahdlatul Ulama NU Gus Sholah Ulama Gus Sholah Pesantren Tebuireng Biodata Gus Sholah Gus Sholah Meninggal Dunia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 12 August 2020 16:00 p.m.

Festival Musik Infinite: Live! Siap Digelar Oktober 2020

Life Style 12 August 2020 14:00 p.m.

Masuki Semester 2, Honda Catat Penjualan Positif

Life Style 12 August 2020 13:00 p.m.

Bersama Rayakan HUT RI ke-75 Lewat Virtual Online