Google Maps.jpg

Gunakan Fitur Google Maps Ini untuk Hindari Ganjil-Genap

oleh: inggil Technology Monday, 12 August 2019 17:00 p.m.


Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo melakukan uji coba perluasan ganjil genap di beberapa ruas jalan. Nantinya, perluasan tersebut akan diresmikan pada 9 September 2019. Tidak hanya diperpanjang saja, perluasan ganjil genap juga akan lebih lama dari sebelumnya.

Bagi mancoders yang belum terbiasa dengan adanya peraturan ini tentu akan kewalahan. Pengendara yang melanggar pun akan berisiko ditilang. Menyadari akan adanya beberapa jalan yang memberlakukan ganjil genap, Google membenamkan sebuah fitur baru di aplikasi navigasi Maps. Nantinya, mancoders dapat mengetahui jalan mana saja yang terkena aturan ganjil genap di DKI Jakarta.

Google Maps.jpg

Caranya pun cukup mudah, awalnya mancoders bisa pilih mode berkendara dengan mobil lalu tentukan alamat tujuan. Kemudian, pilih opsi petunjuk arah. Setelah itu akan ada opsi tambahan di bawah untuk menghindari jalan khusus pelat ganjil/genap. Tak lupa untuk memasukkan akhiran nomor plat mobil, apakah ganjil atau genap.

Setelah fitur ganjil genap diaktifkan, Google Maps akan otomatis menyajikan jalur alternatif yang menghindari ruas jalan tempat aturan tersebut berlaku. Sesuai dengan waktu, tanggal hari itu, dan nomor plat mobil pengguna.

Misalnya, hari ini adalah tanggal 12 atau genap, maka jika memilih opsi plat nomor genap, Google Maps akan menunjukkan rute biasa tercepat. Sebaliknya, jika memilih plat nomor ganjil, maka akan mendapatkan rute yang menghindari ruas jalan kebijakan ganjil-genap.

Google Maps.jpg

Perlu diketahui juga, jalur alternatif tersebut hanya akan aktif pada saat jam pemberlakukan ganjil genap. Yakni pada pukul 06:00-10:00 dan 16:00-21:00

Tidak hanya fitur ganjil genap saja, Google Maps kini juga mampu mengenali jalan apabila car free day sedang dilaksanankan. Sama halnya seperti fitur ganjil genap. Saat fitur car free day diaktifkan, pengguna akan diberikan rute alternatif.

Baca Juga: Apple Kembangkan Smartwatch dengan Fitur Pemantau Tidur


Share To


inggil

inggil

Aug. 12, 2019, 5 p.m.


tags : Fitur Ganjil Genap Google Maps Jalanan Jakarta Google Maps Ganjil Genap


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru

Entertainment 6 December 2019 7:00 a.m.

L’Alphalpha Bangkit dari Tidur Panjangnya