Google-Cloud-Resmi-Buka-Data-Canter-Di-Indonesia.jpg

Google Cloud Resmi Buka Data Center di Indonesia Awal 2020

oleh: inggil Technology Friday, 6 September 2019 16:00 p.m.


Perusahaan penyedia jasa dan produk internet Amerika Serikat, Google akan membuka data center pertamanya di Indonesia pada awal 2020. Terpilihnya Indonesia ini menjadikannya negara ke-21 untuk investasi data center yang akan menjadi komputasi awan (cloud) guna melayani wilayah di regional Asia Tenggara.

Regional Director South East Asia Google Cloud, Tim Synan mengatakan masuknya Goggle Cloud ke Indonesia mengingat potensi pertumbuhan industri di negara ini besar. Lanjutnya, Kota Jakarta juga menjadi region cloud kedua yang dibangun Google untuk wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga: Facebook Kembangkan Asisten Suara Digital

“Kami akan terus berada di depan dengan beragam penawaran dan kemitraan lokal untuk mendorong penggunaan cloud dan mempercepat Indonesia 4.0,” kata Tim Synan dalam acara Google Cloud Summit di JIExpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat, seperti dilansir Netz, Kamis, 5 September 2019.

Terpilihnya Indonesia ini juga tak lepas dari banyaknya potensi perusahaan startup yang semakin berkembang dan bertambah tiap tahunnya.

Google-Cloud-Resmi-Buka-Data-Canter-Di-Indonesia.jpg

Nantinya, Cloud di Indonesia akan mengkonfigurasi tiga zona ketersediaan dengan servis yang akan diberikan sistem komputasi, penyimpanan, data base services, dan networking service termasuk interkoneksi Cloud.

Lebih lanjutnya, pusat data di Jakarta ini akan menyediakan sistem baru milik Google Cloud yakni BigQuery. Sistem tersebut memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pola karakter konsumen secara personal menggunakan big data uang dengan sistem yang sudah disediakan.

Tim Synan juga menjelaskan kelebihan dari perusahaan yang menggunakan Cloud untuk bisnis bisa membuat perusahaan melakukan transformasi digital. Transformasi digital yang dimaksud adalah membantu perusahaan menjadi lebih mengerti dan menyediakan pelayanan sesuai karakter konsumen.

Baca Juga: Gunakan Fitur Google Maps Ini untuk Hindari Ganjil-Genap

Di sisi lain, saat ini sudah ada lebih 150 pelanggan di seluruh dunia yang mempercayai Google Cloud untuk memutakhirkan lingkungan komputasi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan dunia digital. Dalam hal tersebut, Google ingin membantu ribuan organisasi termasuk perusahaan besar di dunia di era digital ini.

Google Cloud telah diakui secara luas sebagai pemimpin global dalam menyediakan platfotm Cloud yang aman, terbuka, dan pintar untuk level perusahaan.

Megawaty Khie sebagai petinggi baru Google di Indonesia, memiliki pandangan tersendiri mengenai tren penggunaan Cloud yang menurutnya berkembang sangat signifikan dibanding dua bahkan setahun terakhir.

Google-Cloud-Resmi-Buka-Data-Canter-Di-Indonesia-Megawaty-Khie.jpg

“Sudah banyak sekali yang tertarik dengan cloud. Dulu pertimbangannya banyak sekali, tapi sekarang banyak permintaan baik dari perbankan, telko, retail, begitu luas,” ujar mantan Presiden Direktur IBM Indonesia ini.

Baca Juga: Layanan Google+ akan Ditutup pada 2 April 2019

Ketatnya kompetisi yang dihadapi perusahaan saat ini jadi faktor pendorong utama pesatnya pertumbuhan adopsi Cloud karena perusahaan dapat melakukan efisiensi dalam segala hal, hemat biaya dan juga pengurangan waktu.


Share To


inggil

inggil

Sept. 6, 2019, 4 p.m.


tags : Google Indonesia Data Center Google Cloud


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia