image default

Geram dengan Momo Challenge, Seniman Penciptanya Angkat Bicara

oleh: emil Technology Monday, 4 March 2019 12:00 p.m.


Mungkin mancoders termasuk orang yang pernah menerima pesan melalui WhatsApp atau media sosial lainnya untuk melakukan Momo Challenge. Challenge ini yang sempat viral di Indonesia pada tahun 2018, di mana isi pesan ini mendorong agar kalian melakukan kegiatan yang berbahaya. Namun setelah lama tidak terdengar, Momo Challenge kembali memicu kepanikan, dan kali ini terjadi di Amerika Serikat. Geram dengan viralnya Momo Challenge, seniman pencipta ukiran Momo pun angkat suara.

Biasanya pada Momo Challenge, kalian akan menerima tantangan beserta pesan yang disandingkan dengan gambar mengerikan seperti perempuan berambut panjang dengan mata besar serta mulut lebar. Di Amerika Serikat dan Inggris, Momo Challenge biasanya menargetkan anak-anak pengguna media sosial. Tantangan yang diterima pun beragam, dari mulai yang hanya menyebarkan pesan Momo Challenge sampai mendorong untuk bunuh diri.

Gambar: (Sumber: thesun.co.uk)


Hal ini tentu saja memicu kepanikan para orangtua di Negeri Paman Sam. Mendengar kabar viral tersebut, seniman pembuat ukiran seram yang menjadi model di Momo Challenge pun menegaskan bahwa ia sudah menghancurkan karyanya tersebut. Ia melakukan hal itu agar anak-anak tidak perlu takut lagi dengan Momo Challenge.

“Anak-anak bisa tenang (karena-red) Momo sudah mati. Ia sudah tidak ada lagi dan kutukannya hilang,” ucap seniman pembuat patung Momo Keisuke Aiso, sebagaimana dikutip dari thesun.co.uk (4/3/2019).

Gambar: (Sumber: thesun.co.uk)

Ia menjelaskan, patung yang digunakan di pesan berantai pada Momo Challenge sebenarnya bernama Mother Bird atau induk burung. Patung ini terinspirasi dari makhluk mitologi Jepang bernama Ubume yang dikisahkan sebagai perempuan yang meninggal ketika melahirkan. Arwah yang jadi Ubume pun gentayangan dan menghantui orang-orang.

Patung itu pertama kali dibuat oleh Keisuke Aiso pada tahun 2016 untuk dipamerkan di Vanilla Gallery di Tokyo, Jepang. Kala itu, banyak pengunjung yang merasa terpukau sekaligus seram dengan patung yang berambut hitam panjang itu. Terlebih wajahnya yang terdiri dari mata bundar besar, mulut lebar, hidung rata, dan tubuh burung itu makin membuat pengunjung yang melihatnya semakin penasaran.

Hal ini yang diindikasikan membuat para pengunjung memotretnya melalui ponsel pintar dan secara tidak sengaja tersebar. Ketika gambar itu diterima oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Momo Challenge pun tercipta.

Seniman dari patung tersebut mengatakan, ukiran Ubume memang ia sengaja buat dengan desain yang mengerikan. Tapi, Aiso tidak memiliki keinginan patungnya itu jadi viral di media sosial dan digunakan untuk menyakiti orang lain. Ia menegaskan bahwa patung yang digunakan pada Momo Challenge itu sudah dibuangnya, dan Aiso tidak menyesal dengan keputusannya tersebut.




Share To


emil

emil

March 4, 2019, 12:41 p.m.


tags : video tantangan youtube Momo Challenge Viral


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA