Gerald Situmorang.jpg

Gerald Situmorang Sang Gitaris dengan Talenta Luar Biasa

oleh: inggil History Friday, 12 July 2019 10:00 a.m.


Sebagai pecinta musik dan penggemar Barasuara, nama Gerald Situmorang pasti sudah tidak asing lagi. Pria kelahiran Jakarta, 31 Mei 1989 ini selalu membuat para penggemar kagum dengan penampilan gitarnya di atas panggung.

Mengawali kecintaannya terhadap dunia musik sejak usia 13 tahun, Gerald kecil kala itu mengidolakan berbagai musisi dalam dan luar negeri. Ia mengaku sangat mengidolakan Linkin Park dan System of a Down. Bakatnya dalam bermain gitar pun berasal dari inspirasinya, Dewa Budjana, Balawan, dan Tohpati. Dari para musisi itulah, wawasan Gerald terhadap dunia musik semakin terbuka lebar.

Gerald Situmorang.jpg

Memiliki wawasan yang luas terhadap dunia musik, Gerald tidak hanya jago bermain gitar saja, ia juga mahir dalam memainkan bass di atas panggung bersama Barasuara. Walaupun hanya mennjadi Bass yang kerap tidak banyak ‘dikenal’, ia malah menjadi yang paling ditunggu penggemar band asal Jakarta ini untuk tampil.

Kental dikenal banyak orang sebagai musisi bergenre jazz, nyatanya Gerald bisa bermain dengan jenis musik apa saja. Bisa dibilang bahwa dirinya musisi yang tak pernah membatasi ekspresi dalam bermain musik. Hal tersebut dibuktikannya dengan menggarap berbagai macam proyek musik.

Baca Juga: BCMA, Komunitas Pecinta Musik Country

Sudah banyak proyek musik yang ia buat dan semuanya terbilang sukses. Ia mengawali karirnya dengan membuat duo akustik bersma Sketsa. Kemudian, Gerald membuat sebuah trio Jazz dengan nama Gerald Situmorang Trio dan grup Hemiola Quartet. Saat bersama duo akustik Sketsa, Gerald berhasil membawanya ke event besar seperti Java Jazz.

Gerald Situmorang.jpg

Keseriusannya dalam menjalankan banyak proyek tidak membuat ia hilang arah. Pria 29 tahun ini sudah banyak terlibat dengan berbagai macam genre musik. Mulai dari band rock, jazz hingga bermain solo akustik yang sudah meluncurkan sebuah album berjudul Dimension (2011) dan Solitude (2017) lalu.

Gerald Situmorang.jpg

Gerald Situmorang juga masih aktif melakukan kolaborasi dengan musisi Tanah Air lainnya, seperti Kunto Aji, Tahaela, Raisa, Efek Rumah Kaca, dan Sri Hanuraga yang baru saja merilis album bertajuk ‘Meta’.

Gerald Situmorang.jpg

Sudah belasan tahun berkecimpung di dunia musik, Gerald telah meraih banyak penghargaan ternama. Di anataranya AMI Awards 2018 untuk kategori Karya Produksi Instrumentalia terbaik. Ia berhasil mengalahkan nominator lainnya, yakni Indra Lesmana, Twilite Orchestra, Krakatau Reunion, Lantun Orchestra, dan Demas Narawangsa. Gerald juga berhasil meraih penghargaan Indonesian Choice Awards 2018 dalam kategori Instrumental Album of The Year untuk albumnya berjudul ‘Dimension’.

Baca Juga: Mengintip Istana Kerajaan Laut Banda Neira


Share To


inggil

inggil

July 12, 2019, 10 a.m.


tags : Gerald Situmorang Gitaris Indonesia Barasuara Bass Barasuara Musisi Indonesia Biografi Gerarld Situmorang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita