Literasi Digital.jpg

Generasi Milenial Wajib Kuasai Literasi Digital

oleh: galih Technology Friday, 8 April 2022 13:00 p.m.


Mancode - Para kaum milenial disarankan lebih berhati-hati berselancar di ruang digital. Jika tidak, beragam hal negatif akan mengintai. Oleh karenanya, kecakapan pengguna dalam menjelajahi ruang digital sangat diperlukan, salah satunya dengan literasi digital.

Anggota DPR RI, Ir. Alimin Abdullah mengatakan bahwa sangat penting pada abad digital ini untuk generasi milenial dapat menguasai dan mampu menggunakan perangkat digital maupun perangkat internet dengan baik. Oleh sebab itu, penguatan literasi digital menjadi sangat penting yang nantinya akan memberikan informasi serta pengetahuan kepada kita semua.

"Jika generasi milenial telah mampu menggunakan, memanfaatkan serta berkontribusi pada ruang digital dan media internet, sangat diharapkan pada generasi milenial untuk memberikan kesan positif serta berperan pada ruang digital pada saat ini dan pada masa yang akan mendatang," ungkap Alimin dalam webinar bertajuk "Ngobrol Bareng Legislator : Penguatan Literasi Digital untuk Membentuk Karakter Milenial", yang berlangsung pada Kamis (7/4/2022).


Senada dengan Alimin, Tenaga Ahli DPR RI, M. Hariman Bahtiar menuturkan bahwa literasi digital ini akan mampu membantu para kaum milenial untuk dapat memahami dan memakai informasi dari berbagai sumber, yang bisa diakses melalui komputer.

"Dari buku Literasi Digital, UNESCO menjelaskan tentang literasi digital yang berhubungan dengan life skills (kecakapan). Kemampuan ini tak hanya melibatkan teknologi saja, tetapi kemampuan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk kompetensi digital," jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjelaskan bahwa dalam hal ini, Kementerian Kominfo hadir untuk menjadi garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital Indonesia.

Menurutnya, Kemenkominfo memiliki peran sebagai regulator, fasilitator, dan ekselerator di bidang digital Indonesia. "Berbagai pelatihan literasi digital yang kami berikan berbasis empat pilar utama, yaitu kecakapan digital, budaya digital, etika digital, dan pemahaman digital. Hingga tahun 2021 tahun program literasi digital ini telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Cara Self-Love Sederhana untuk Kaum Milenial, Apa Saja?

Baca Juga: Selektif dalam Memilih Informasi di Ruang Digital

Baca Juga: Cara Antisipasi Radikalisme di Ruang Digital




Share To


galih

galih

April 8, 2022, 1 p.m.


tags : Technology Literasi Digital Milenial Ruang Digital


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA