Olahraga-Ekstrim-Panjat-Tebing.jpg

Gemar Olahraga Ekstrim Panjat Tebing? Yuk, Kenali Jenisnya

oleh: rachli Life Style Tuesday, 3 September 2019 17:00 p.m.


Meskipun membuat jantung berdebar, panjat tebing atau rock climbing yang merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim ini cukup banyak digemari. Tentunya, ketahanan dan kekuatan fisik, terutama kekuatan jari jemari sangat dibutuhkan.

Pada umumnya, panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur bebatuan dengan sudut kemiringan dan tingkat kesulitan tertentu. Tidak hanya teknik, namun juga peralatan khusus untuk bisa melakukan olahraga ekstrim ini.

Bagi Mancoders penyuka olahraga ekstrim, panjat tebing bisa menjadi salah satu pilihannya. Namun sebelum memulai, ada baiknya mengetahui jenis olahraga panjat tebing ini. Berikut ini Mancode mencoba merangkum beberapa jenis olaharaga panjat tebing.

Panjat Tebing Bebas

Panjat tebing bebas biasanya dilakukan di alam terbuka seperti di tebing curam atau gunung. Untuk menyusuri rutenya tidak disertai tim keselamatan, namun sejatinya panjat tebing ini tidak jauh berbeda dengan panjat tebing pada umumnya. Kekuatan fisik dan keterampilan jari jemari serta pengunaan tali menjadi kunci utama.

Bouldering

Panjat tebing ini tergolong pendek, namun tidak jarang jika rute tebingnya dibuat bertingkat dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Dengan begitu, sistem keamanan tidak hanya menggunakan tali, namun juga menggunakan papan atau matras empuk yang diletakkan di bawah panjat tebing.

Buildering

Hampir sama dengan bouldering, hanya saja arena pemanjatan bukannya tebing alam melainkan konstruksi buatan manuasia yang dibangun bukan untuk tujuan olahraga panjat tebing seperti gedung bertingkat, jembatan, tower, tiang, dan lain sebagainya.

Lead Climbing

Lead climbing adalah pendakian yang dilakukan selama berhari-hari. Panjat tebing pendakian jenis lead climbing dilakukan pada perjalanan pendakian gunung atau kemping. Sehingga dalam pendakian lead climbing, peserta harus membawa tenda dan bekal untuk istirahat, tidur, dan makan.

Ada tiga jenis panjat tebing pendakian lead climbing, yaitu Ice Climbing (memanjat es), Mixed Climbing (memanjat campuran tebing batu dan es) dan Mountaineering atau Alpine Climbing (memanjat gunung-gunung tinggi melewati gunung salju, glasier dan puncak-puncak bukit).

Solo Climbing

Panjat tebing ini bisa dibilang mirip seperti panjat tebing bebas. Hanya saja aktivitas memanjat dilakukan solo dan tidak dilindungi tali. Meski tanpa perlindungan tali, panjat tebing yang dilakukan masih cukup karena lokasi pendakian di bawahnya terdapat kolam. Sehingga bila terjatuh, pedaki tetap aman jatuh ke air.

Baca Juga: Ini Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Baca Juga: Bentuk Otot Tubuh Ideal dengan Olahraga Kalistenik

Baca Juga: Ingin Memiliki Bobot Ideal? Ini Olahraga Penguras Lemak


Share To


rachli

rachli

Sept. 3, 2019, 5 p.m.


tags : Rock Climbing Olahraga Ekstrim Panjat Tebing


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 3 July 2020 15:00 p.m.

Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone

Entertainment 3 July 2020 14:00 p.m.

Edan! Band Bocah Cilik Ini Bawakan Dream Theater

Technology 3 July 2020 12:00 p.m.

Bahaya Bermain TikTok, Data Pengguna Bisa Diambil!