Gemah-Ripah-Loh-Shympony-1.jpg

Gemah Ripah Loh Symphony: Campuran Hiphop X Orkestra

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 21 September 2021 11:00 a.m.


Mancode - Masih dalam bagian rangkaian program festival, kali ini FLAVS mempersembahkan sebuah pertunjukan musik virtual “Gemah Ripah Loh Symphony” yaitu sebuah proyek pertunjukan musik hip hop dengan balutan musik orkestra dan atraksi teatrikal serta deretan penampil musisi asal kota DIY Yogyakarta.

Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara promotor FLAVS dengan Symphony From Hell yang adalah bagian dari komunitas HellHouse Records asal Jogjakarta.

Proyek yang dipimpin oleh Alexander Sinaga ini menjadi catatan penting dalam perjalanan musik akulturasi budaya di Yogyakarta. Pertunjukan ini berkonsep mengaransemen ulang lagu para musisi penampil dalam serangkaian set panggung teatrikal dengan berbagai visual dan simbolisasi identitas kota Jogja.


Gemah-Ripah-Loh-Shympony-2.jpg

Musisi (rapper & penyanyi R&B) yang tampil pada “Gemah Ripah Loh Symphony”, di antaranya adalah Ki Catur Benyek; Wayang Hip Hop; Mario Zwinkle; D.P.M.B; Uncle T; Xaqhala; Nilly Menda; GNTZ; Jahanam feat. Silir Wangi; Jogja Hip Hop Foundation; dan Reagina Maria (Riri Everyday), dengan turut menghadirkan 25 personil orchestra pada instrumen brass, string, dan combo band.

Proyek ini mengintegrasikan dua genre musik yang saling bertentangan untuk memperluas persepsi dari keduanya. Menciptakan sound baru dengan penggabungan melodi musik orkestra klasik rumit dengan jiwa ritmis dari puisi hip hop yang tegas.

Gemah-Ripah-Loh-Shympony-3.jpg

Pertunjukan “Gemah Ripah Loh Symphony” ini merupakan salah satu rangkaian program FLAVS Festival 2021 yang akan berlangsung pada 30 dan 31 Oktober mendatang.

FLAVS 2021

Di tahun 2021, promotor Visicita Network tak gentar untuk kembali memberikan karya pertunjukan live virtual FLAVS A Hiphop, Soul, R&B Festival yang direncanakan malam puncaknya akan terlaksana pada 30–31 Oktober 2021 mendatang dengan mengusung tema “The Seeds”.

Tema ini diangkat dengan semangat meregenerasi masa depan hip hop, soul dan r&b Indonesia yang akan membuat ekosistem hidup dan lebih besar.

Kehadiran FLAVS sebagai festival berpengaruh di Indonesia dapat diibaratkan seperti siklus makhluk hidup. Lahir di tahun 2020 untuk bertumbuh, dan kali ini di tahun 2021 adalah waktunya berkembang dan meregenerasi bakat-bakat baru baru punggawa hip hop, soul r&b di Tanah Air.

FLAVS-2021.jpg

Sejalan dengan langkah FLAVS melalui rangkaian program FLAVS Nu Icon yang telah rampung terlaksana pada Juni 2021 lalu dengan membawa talenta baru yaitu Negatif1 (Manado), Rizy & Windy (Aceh), Fandawwaw & Fandowwow (Jogja), serta VGT Remco (Papua).

Gelaran malam puncak FLAVS Festival pada 30-31 Oktober 2021 akan turut menghadirkan puluhan musisi hip hop, soul, r&b terbaik dan terkurasi dari berbagai daerah dan komunitas di Indonesia yang akan diumumkan secara spesial pada Oktober mendatang.

Baca Juga: FLAVS 2021 Siap Digelar Usung Tema “The Seeds”

Baca Juga: Yura Yunita Hadirkan Unsur Budaya di Video Musik 'Hoolala'

Baca Juga: “Ombak Banyu Asmara”, Album Baru The Panturas yang Kaya Ragam Budaya




Share To


inggil

inggil

Sept. 21, 2021, 11 a.m.


tags : Konser Virtual FLAVS 2021 GEMAH RIPAH LOH SYMPHONY Konser GEMAH RIPAH LOH SYMPHONY FLAVS Nu Icon


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE