Gelora 2020 Tawarkan Pengembang Game Lokal Berkreasi.jpg

Gelora 2020 Tawarkan Pengembang Game Lokal Berkreasi

oleh: rachli Technology Thursday, 28 May 2020 14:00 p.m.


Mancode - Bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menggelar program Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) 2020. Program ini memberikan kesempatan para pengembang game lokal untuk berkarya menciptakan game edukatif.

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Simandjutak mengatakan, progam ini mengajak pengembang game untuk mengajukan ide dalam membuat game. Mereka nantinya juga akan difasilitasi hingga game tersebut bisa terealisasi.

“Kami ingin memberikan sebuah tantangan sekaligus stimulus untuk merealisasikan ide mereka dan menjadikan game tersebut menjadi sebuah karya untuk kita nikmati bersama,” kata Josua (27/5/2020).

Josua juga menerangkan, game merupakan salah satu media yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tapi juga sekaligus media informasi dan edukasi. Untuk itu, program ini menyaratkan ide game harus terkait dengan edukasi Covid-19 yang mengacu ke dokumen resmi dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Lokapala, Game MOBA Karya Anak Bangsa

Dengan persyaratan terkait Covid-19 seperti jaga jarak, memakai masker, juga soal kenormalan baru, diharapakan agar masyarakat nantinya tidak hanya mendapatkan hiburan, namun juga teredukasi dengan cara yang menyenangkan.

WhatsApp Image 2020-05-27 at 16.39.36.jpeg

Sementara itu, Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemnparekraf/Baparekraf, Syaifullah menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan semakin menggairahkan pengembang game Indonesia untuk menghasilkan karya-karya yang terbaik.

Lewat kegiatan ini pula diharapkan dapat mendorong tidak hanya supply site, tapi juga demand site yang mengutamakan game buatan lokal.

Baca Juga: Likee Bersama PUBG dan Burger King Hadirkan Challenge Baru

Size di industri game ini sangat besar, sehingga bisa menjadi peluang bagi pemerintah untuk juga memaksimalkan komoditas berbasis kreativitas,” jelasnya.

Bagi pengembang game yang tertarik dapat menyampaikan ide game dalam bentuk dokumen proposal, video pitch, dan surat pernyataan yang harus dikirimkan hingga 4 Juni 2020. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat dilihat di laman agi.or.id/gelora-2020.

Baca Juga: Dukung #dirumahaja, Garena Umumkan Roadmap Esports Terbaru


Share To


rachli

rachli

May 28, 2020, 2 p.m.


tags : Covid-19 Asosiasi Game Indonesia Game Lokal Kreasi Indonesia 2020 pengembang game lokal Kemenparekraf Gelora 2020


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun