Gelar Festival Passer Baroe 2022, Pasar Baru Jadi Desinasi Wisata Urban Jakarta.jpg

Gelar Festival Passer Baroe 2022, Pasar Baru Jadi Desinasi Wisata Urban Jakarta

oleh: rachli Travel Monday, 5 December 2022 10:00 a.m.


Mancode - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Pusat (Sudin Parekraf Jakpus) sukses menyelenggarakan kegiatan “Festival Passer Baroe 2022 – Doloe dan Kini” sebagai upaya mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta Pusat.

Acara yang berlangsung pada 3 – 4 Desember 2022 ini diselenggarakan dengan tetap mematuhi peraturan dan protokol kesehatan. Acara diawali dengan penyampaian laporan dari Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Pusat, Shinta Nindyawati.

Dirinya menyampaikan Festival Pasar Baru Tahun 2022 merupakan bagian dari KSD 70 Pengembangan Kawasan Wisata/Destinasi DKI Jakarta dan KSD 66 Penguatan Peran Walikota/Bupati dalam Penataan Kawasan serta aktivasi kegiatan Festival Pariwisata di Kawasan Destinasi Unggulan Jakarta Pusat.


“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan citra positif Destinasi Wisata Unggulan Kawasan Pasar Baru sebagai Pusat Perbelanjaan Tempo Dulu,” katanya.

Plt. Wakil Walikota Jakarta Pusat turut meresmikan “Pasar Baru Doeloe dan Kini - Digital Directory of Passer Baroe Batavia” sebagai panduan wisatawan untuk mengunjungi kawasan Pasar Baru sekaligus mendapat informasi mengenai sejarah yang melekat pada pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini.

“Kegiatan ini berkolaborasi dengan komunitas dan asosiasi pegadang Pasar Baru dengan melaksanakan kegiatan Promosi di Kawasan Destinasi Unggulan Pariwisata Jakarta Pusat antara lain Kawasan Pasar Baru serta Mendukung Kegiatan Strategis Daerah Walikota Jakarta Pusat dalam rangka Pengembangan Destinasi Pariwisata,” sambung Iqbal Akbarudin.

Sakadar informasi, Pasar Baru Jakarta yang didirikan tahun 1820 di zaman pemerintahan kolonial Belanda ini telah melampaui usia 200 tahun. Berbagai nilai historis dan lokasi yang berada di Kawasan Pasar Baru yang terkenal sebagai area multicultural (India, Tionghoa & Melayu).

Nilai historis tersebut membuat Pasar Baru Jakarta disebut sebagai Little Asia in Indonesia dan dijadikan Destinasi Wisata Urban di wilayah Jakarta Pusat. Pasar Baru yang penuh nilai sejarah ini juga menawarkan berbagai tema wisata seperti wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata religi.

Pasar Baru terdiri dari lebih dari 100 toko yang menjual berbagai barang dan makanan. Toko – toko seperti toko kompak, toko Sin Lie Seng, toko Sepatu BATA, toko perabot rumah tangga Melati, toko jam Tjung-Tjung, dan toko kacamata Seis (Tjun Lie) telah berdiri sebelum Kemerdekaan RI.

Ada pula berbagai tailor seperti Isardas, Hariom’s Gehimal, Bombay, serta Lilaram. Selain itu, ada toko alat musik dan alat olahraga seperti Wijaya Musik, Garuda Sport, Widi Sport dan Ratan Sport. Pasar Baru layak menjadi tujuan wisata kuliner dengan keberadaan berbagai toko kuliner legendaris yang sudah ada sejak dahulu seperti Bakmi Gang Kelinci, Restoran Tropic, Bakmi Aboen, Cakwe Ko Atek dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, di kawasan Pasar Baru juga terdapat tempat ibadah dari berbagai agama seperti Masjid Lautze, Gereja Ayam, Klenteng Sin Tek Bio dan Kuil Sikh.

Baca Juga: Raja Ampat Raih Penghargaan Sebagai "Must Visit Location" dari Lonely Planet

Baca Juga: Princess Cruises Tambah Program Booking Penerbangan untuk Tamu Asia Tenggara

Baca Juga: Menparekraf Resmikan Waroeng Windsor di London




Share To


rachli

rachli

Dec. 5, 2022, 10 a.m.


tags : Festival Passer Baroe 2022 Pasar Baru Desinasi Wisata Jakarta


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE