Gardu-House-Indonesia.jpg

‘Gardu House’ Berkumpulnya Para Seni Jalanan Menjadi Satu

oleh: inggil Mancave Friday, 13 September 2019 11:00 a.m.


Pada umumnya, sebuah komunitas terbentuk karena hobi yang sama ataupun karena tujuan sosial. Salah satu komunitas yang terbentuk karena mempunyai kecintaan terhadap sesuatu, yakni Gardu House. Sebuah wadah yang para anggotanya mempunyai hobi sama terhadap graffiti dan seni jalanan. Komunitas ini bertempat di Tanah Kusir, Jakarta.

Baca Juga: Mengenal Komunitas Serbuk Kayu Surabaya

Awalnya, Gardu House sendiri menjadi tempat nongkrong para mahasiswa, kemudian berkembang menjadi creative hub para komunitas graffiti dan seni jalanan. Bisa dibilang, Gardu House merupakan panutan para pecinta graffiti di seluruh Indonesia. Tujuan dibentuknya Gardu House sendiri, yakni bisa mendukung dan memperkuat ekosistem skema art terutama street art dan graffiti.

Gardu-House-Indonesia.jpg

Sebagai wadah pecinta graffiti dan seni jalanan, maka para anggotanya bebas mengeksplor hobi mereka untuk dituang dalam berbagai area di Gardu House. Terdapat berbagai area seperti tembok kosong untuk kanvas kolaborasi para seniman, ruang tengah yang digunakan untuk saling tukar pikiran. Bahkan terdapat pula toko yang menyediakan peralatan dan material yang dibutuhkan oleh para seniman graffiti.

Baca Juga: Pagi Seru Bersama Komunitas Hunting Pasar

Uniknya, saat berkarya di Gardu House para pelaku seni jalanan tersebut tidak berpatok pada kegiatan yang itu-itu saja. Mereka juga punya kegiatan menarik berupa pameran, workshop, dan acara tahunan yang bernama Street Dealin Festival pada setiap akhir tahun. Sehingga, para pecinta grafiti yang tergabung dalam Gardu House dapat memproduksi karya-karyanya, memamerkan bahkan menjual.

Gardu-House-Indonesia.jpg

Seringnya membuat acara nama Gardu House pun semakin banyak dikenal orang. Tak jarang pula para pecinta seni tersebut berkolaborasi dengan banyak industri tidak hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara. Salah satu kolaborasi Gardu House dengan pelaku industri di Indonesia, yakni Handoko Hendroyono selaku produser film yang karyanya sudah banyak dikenal orang seperti Filosofi Kopi. Gardu House dipercaya untuk menggambar pintu masuk dari sebuah acara bernama Art & Sound Experience. Selain itu, Gardu House juga bisa membuat flooring art.

Gardu-House-Indonesia.jpg

Gardu House terbuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya. Mancoders yang penasaran bisa berkunjung langsung dan berdiskusi dengan para anggota di Gardu House tersebut. Alamat berkumpulnya Gardu House sendiri di Jl. Ciputat Raya 5 No.234, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Komunitas Marvel Indonesia Wadahnya Pecinta Marvel


Share To


inggil

inggil

Sept. 13, 2019, 11 a.m.


tags : Gardu House Komunitas seni Indonesia Komunitas Komunitas Indonesia Komunitas Jakarta


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia