Gairahkan Sektor Seni Rupa Indinesa, Wamenparekraf Apresiasi ‘Art Jakarta Garden 2022’.jpg

Gairahkan Sektor Seni Rupa Indonesia, Wamenparekraf Apresiasi ‘Art Jakarta Garden 2022’

oleh: rachli Travel Friday, 8 April 2022 12:00 p.m.


Mancode - Sebagai salah satu langkah untuk menggairahkan seni rupa tanah air, penyelenggaraan pameran seni rupa Art Jakarta Garden 2022 yang berlangsung hingga 14 April 2022 di Hutan Kota Plataran, Jakarta mendapat apresiasi dari Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

“Saya mengapresiasi pihak penyelenggara, seluruh tim dari Art Jakarta dan juga peserta, para seniman yang hadir dengan kreasi dan inovasi untuk terus menggairahkan sektor seni rupa di Indonesia, salah satu subsektor ekonomi kreatif di tengah kondisi pandemi,” katanya, Kamis (7/4/2022).

Dimulai pada 2009, Art Jakarta telah menjadi salah satu art fair terkemuka di kawasan Asia Tenggara. Tahun ini, Art Jakarta mengusung konsep yang segar dan inovatif. Art Jakarta Garden 2022 sebagai pameran yang memadukan seni, baik dalam konteks outdoor maupun indoor.


Pameran ini sebagai pameran seni rupa ruang terbuka pertama di Indonesia yang menyajikan keasrian taman kota yang terpadu apik dengan keindahan seni rupa Indonesia.

Dalam Art Jakarta Garden 2022, seni yang akan ditampilkan lebih berfokus kepada seni patung. Kurang lebih terdapat 100 seniman yang terlibat. Di bagian outdoor, terdapat kurang lebih 40 buah patung selain juga seni lukis.

“Saya senang Art Jakarta 2022 dilaksanakan secara fisik dengan menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan konsep semi outdoor yang pastinya lebih bagu dari sisi sirkulasi udaranya. Target 8.000 pengunjung dari 7-14 April, saya yakin bisa sukses dan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Angela juga berharap, adanya art fair ini bisa meningkatkan apresiasi publik dan transaksi terhadap karya seni rupa. Selain itu, adanya art fair ini juga bisa menarik perhatian wisatawan khususnya pecinta seni kontemporer untuk datang ke Jakarta.

Berdasarkan Art Basel dan UBS Global Art Market Report, Angela juga menjelaskan, penjualan agregat dari karya seni dan barang antik mencapai 65,1 miliar dolar AS pada 2021, lebih tinggi 0,7 miliar dolar AS dari 2019.

Tidak ketinggalan, Angela mendorong para seniman untuk mengkombinasikan digitalisasi dengan offline experience dalam ekosistem seni rupa dalam menangkap potensi konsumen muda. Kemenparekraf dalam hal ini terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia, termasuk dalam berinovasi di masa pandemi dan dalam menghadapi perkembangan teknologi.

“Tentunya kolaborasi dengan seluruh stakeholder seni rupa sangatlah penting bagi kami agar bisa memajukan dan menguatkan ekosistem seni rupa di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Artistik Art Jakarta Enin Supriyanto menyampaikan, Jakarta Art Garden 2022 merupakan realisasi dari komitmen untuk membangkitkan semangat di ekosistem seni Indonesia.

“Seniman, kolektor, dan semua stakeholder dalam ekosistem rupa akan bersama untuk bisa bangkit bersama dengan semangat presidensi G20 recover together, recover stronger,” sambungnya.

Baca Juga: Cegah Covid-19 saat Ramadan, Menparekraf Pastikan Prokes Ketat

Baca Juga: Temui Dubes Singapura, Menparekraf Sandiaga Uno Bahas Rencana Pembukaan Perbatasan

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Konser Musik Bisa Digelar Kembali




Share To


rachli

rachli

April 8, 2022, noon


tags : Kemenparekraf Seni Rupa Hutan Kota Plataran Art Jakarta Garden 2022 Art Fair Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA