Film-The-Santri.jpg

Film The Santri Garapan Livi Zheng Tuai Kontroversi

oleh: rachli Entertainment Monday, 16 September 2019 17:00 p.m.


Melalui NU Channel, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginisiasi pembuatan sebuah film berjudul The Santri. Penggarapan film The Santri rencananya menggandeng sutradara Livi Zheng dengan penata musik dari komposer Purwacaraka.

Namun belakangan ini, film yang rencananya akan memulai proses produksi pada Oktober 2019 ini menuai kontroversi. Film The Santri mendapat kritik pedas dari Ketua Umum Front Santri Indonesia (FSI) Hanif Alatas.

Menurut menantu Imam Besar Front Pembela Islam (FP)I Rizieq Shihab itu, film The Santri tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya. Untuk itu, dirinya meminta kapada para santri dan jamaah agar tidak menonton film The Santri.

Penolakan Hanif tercantum dalam poster yang beredar pada 15 September 2019. Juru Bicara FPI yang juga Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Marif telah mengonfirmasi bahwa FSI dan Hanif memang menolak penayangan film The Santri.

“Front Santri Indonesia menolak film The Santri karena tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya,” katanya dikutip dari CNN Indonesia (15/9/2019).

Baca Juga: Produksi Film The Santri, PBNU Gandeng Livi Zheng

Baca Juga: Will Smith Tampil di Trailer Film Aladdin Terbaru

Baca Juga: The Dark Knight Film Superhero dengan Rating Tertinggi IMDb

Sementara itu, pengasuh Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari Luthfi Bashori meminta para santri dan jamaahnya agar tidak menonton film The Santri. Imbauan itu diutarakan karena tidak sesuai dengan syariat Islam dan tidak mengandung tradisi pesantren ahlussunah wal jamaah.

“Karena film ini tidak mendidik. Cenderung liberal. Ada akting pacaran, campur aduk laki dan perempuan dan membawa tumpeng ke gereja,” kata Luthfi.

Menukil dari laman NU Online, film The Santri akan mengangkat nilai-nilai santri serta tradisi pembelajaran di pondok pesantren yang berbasis kemandirian, kesederhanaan, toleransi, serta kecintaan terhadap tanah air.

“Nilai-nilai tersebut adalah khazanah bangsa yang wajib dilestarikan agar dapat diwariskan dari generasi ke generasi,” ujar Imam Pituduh dari NU Channel.

Menurut Imam, The Santri dipersembahkan sebagai wahana untuk mengonfirmasikan dan mengkomunikasikan keberadaan dunia santri dan pesantren yang memiliki pemahaman tentang Islam yang ramah, damai, dan toleran dengan komitmen cinta tanah air, serta anti radikalisme dan terorisme.

Lanjutnya, film The Santri mengetengahkan cerita milenial dengan bintang-bintang milenial yang memiliki follower jutaan, dengan alur maju mundur, yang mengisahkan realitas sejarah serta visi masa depan.


Share To


rachli

rachli

Sept. 16, 2019, 5 p.m.


tags : Front Santri Indonesia FPI The Santri Livi Zheng


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi