FAST Ajak Kampus Fokus Optimalkan Talenta Digital.jpg

FAST Ajak Kampus Fokus Optimalkan Talenta Digital

oleh: rachli Technology Wednesday, 20 April 2022 7:00 a.m.


Mancode - Pandemi Covid-19 yang melanda dihampir seluruh belahan dunia cukup memberikan dampak negatif di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Akan tetapi, kondisi ini juga bisa dikatakan menjadi momentum bagi sebagain besar pihak untuk melalukan terobosan baru.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusdatin Kemendikbud Muhammad Hasan Chabibie, saat ini semua orang sudah nyaman dengan learning management system. Di mana, tidak mungkin lagi memaksa orang untuk kembali menggunakan papan tulis dan overhead projector.

“Dunia pendidikan sudah nyaman dengan konten digital interaktif dan aplikasi edukasi yang terpersonalisasi di gawainya masing-masing,” ucapnya melansir keterangan resmi yang diterima, Sabtu (19/4/2022).


Meskipun di awal pandemi terbata-bata, mempersiapkan talenta digital yang mumpuni perlu dilakukan untuk membangun peradaban. Maka, menurutnya, dengan kehadiran alumni sebagai yang sudah berpengalaman di dunia digital sudah siap untuk membantu menyiapkan talenta digital.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Finance & Risk Management Telkomsel Mohamad Ramzy. Diakui olehnya, talenta digital menjadi sangat penting agar tidak hanya menjadi penonton, namun juga menjadi pelaku dalam pembangunan bangsa.

“Di level korporasi, saya di Telkomsel dan teman-teman di Telkom Group juga mengakui adanya talent war, terutama untuk level kompetensi digital tertentu yang semakin sulit karena keterbatasan suplai sumber daya manusia tersebut, maka harus diisi dari luar. Saya rasa ini harus menjadi concern bagi pemerintah, akademisi, dan korporasi,” sambungnya.

Dikesempatan yang sama, CEO Kumparan Hugo Diba mengatakan bahwa kandidat dari Indonesia masih kalah dibandingkan dengan kandidat luar negeri dalam hal soft skill. Dirinya mencontohkan, saat placement test skornya jauh lebih tinggi, namun bicara soal soft skill kalah jauh.

“Kalau bicara soft skill kalah jauh dari kandidat negara tetangga. Misalnya communication skill, leadership skill, project management skill. Terus terang semuanya ketinggalan,” imbuhnya.

Sekadar informasi, sejumlah tokoh tersebut menyampaikan pentingya talenta digital dalam gelaran Kampus Ramadan bertema “Optimalisasi Talenta Digital dalam Membangun Bangsa”. Acara ini diselengarakan di Telkom University (Tel-U) berkat inisiasi Forum Alumni Universitas Telkom (FAST).

Presiden FAST Sri Safitri menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam gelaran Kampus Ramadan yang diselenggarakan secara hybrid. Menurutnya, semua phak berkontribusi untuk membuat acara ini impossible menjadi possible.

“Acara ini sukses berkat solidaritas alimni Tel-U. setidaknya ada 27 anak perusahaan Telkom Group yang mendukung acara ini baik moril maupun materil,” tutupnya.

Baca Juga: Pentingnya Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

Baca Juga: Pentingnya Memahami Kecakapan Digital

Baca Juga: Komitmen Blibli Kembangkan Masa Depan Talenta Digital Indonesia




Share To


rachli

rachli

April 20, 2022, 7 a.m.


tags : Telkom University Talenta Digital FAST Forum Alumni Universitas Telkom


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA