Klepon.jpg

Fakta Unik Kudapan Klepon

oleh: galih Life Style Tuesday, 21 July 2020 11:00 a.m.


Mancode – Klepon, kudapan tradisional Indonesia mendadak viral di lini media sosial Twitter. Ini tak lepas dari postingan salah satu akun yang meng-upload foto kue klepon dengan keterangan dengan huruf kapital KUE KLEPON TIDAK ISLAMI.

Dalam foto tersebut juga terdapat keterangan berupa seruan “Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajan islami aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami”. Di ujung kalimat terselip nama tertanda Abu Ikhwan Aziz.

Postingan ini lantas menuai banyak komentar dari sejumlah nitizen pengguna Twitter. Seperti dalam akun @Parkjeongworld, “pray for klepon,” tulisnya. Ada juga akun @fahmitsu yang mengomentari postingan kue klepon tidak Islami.

“Apakah orang-orang menyadari bahwa omong kosong "kue klepon tidak islami" pertama kali diunggah oleh KataKita, media yang sangat terkait dengan ... Anda tahu. Oh well, ini bukan twitter indon tanpa drama,” tulisnya.

Seperti diketahui, klepon merupakan salah satu jajajan pasar yang terkenal dengan bentuknya yang bulat dan terbuat dari tepung ketan. Rasanya pun cukup menggugah selera, karena terdapat sensasi lelehan gula merah ketika kamu menggigit camilan ini.

Terlepas dari kontroversi dari postingan mengenai kudapan Klepon tidak Islami, tahukah kamu bahwa klepon menyimpan fakta yang unik untuk diketahui. Seperti apa faktanya?

Punya segudang filosofi

Melansir berbagai sumber, kudapan klepon memiliki banyak filosofi. Salah satu contohnya adalah klepon melambangkan kesederhanaan, di mana klepon terbuat dari bahan sederhana yang kemudian menjadi kudapan istimewa.

Warna hijau yang identik pada klepon juga melambangkan kesejahteraan dan kesuburan. Ini seperti halnya menggambarkan masyarakat Indonesia yang menempati tanah-tanah subur yang banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

Sudah ada sejak 1950-an

Konon klepon juga telah ada sejak 1950-an. Konon klepon ini diperkenalkan oleh indo-imigran dan berasal dari Kota Pasuruan, Jawa Timur. Kala itu, jajanan ini kerap menjadi menu di restoran Indonesia-Belanda dan etnis Tionghoa.

Disebut juga sebagai onde-onde

Di beberapa daerah seperti Sumatera Barat, kudapan ini dikenal dengan sebutan onde-onde. Padahal, nama onde-onde ini merupakan jenis lain dari jajanan tradisional khas Indonesia juga.

Jika ditelaah, klepon dan onde-onde memiliki tampilan yang berbeda. Klepon terbuat dari tepung ketan dan berwarna hijau dengan isian gula merah yang meleleh ketika digigit. Sedangkan, onde-onde terbuat dari tepung terigu yang memiliki ukuran lebih besar dengan isian yang lebih padat. Umumnya berisikan kacang hijau.

Itulah beberapa ulasan mengenai fakta unik tentang klepon. Hmm… Bagaimana, tertarik untuk mencoba klepon?

Baca Juga: Pergi ke Sumatera Gordon Ramsay Belajar Bikin Rendang

Baca Juga: Legenda Kekuatan Sayur Lodeh

Baca Juga: Saat Stres, Hindari Bahan Makanan Ini


Share To


galih

galih

July 21, 2020, 11 a.m.


tags : Klepon Klepon Tidak Islami Klepon Viral Kue Klepon Kudapan Khas Indonesia Jajanan Khas Indonesia Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Entertainment 17 September 2020 12:00 p.m.

Adiezty Fersa Rilis Single “Yang Nyata Nyata Saja”

Entertainment 17 September 2020 10:00 a.m.

ChAS Kembali Rilis Single Baru 'Ceria'