Diego Maradona.jpg

Fakta Menarik Sang Legenda Sepak Bola Diego Maradona

oleh: galih Entertainment Thursday, 26 November 2020 9:00 a.m.


Mancode – Dunia sepak bola berduka. Diego Armando Maradona, salah satu legenda sepak bola dunia asal Argentina meninggal dunia. Maradona dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam waktu Indonesia karena serangan jantung.

Pada awal November, pria kelahiran 30 Oktober 1960 ini memang pernah dirawat di Rumah Sakit La Plata, Argentina. Dia menjalani operasi akibat pembekuan darah di otak. Operasi tersebut berlajan sukses, dan dia sempat keluar dari rumah sakit.

Namun, Rabu (25/11/2020) pagi waktu Argentina, Maradona dikabarkan terkena serangan jantung mendadak. Ia meninggal dunia pada usia 60 tahun berstatus sebagai salah satu legenda sepak bola dunia.

Sejumlah pesepakbola dunia pun turut berduka. Salah satu yang terpukul dengan berita ini, adalah Lionel Messi. Dalam akun Instagram-nya, Messi membagikan foto kenangan terakhir bersama Maradona dengan caption yang menyentuh.

“Hari yang sangat menyedihkan bagi semua orang Argentina dan sepak bola. Dia meninggalkan kita tetapi tidak pergi, karena Diego kekal. Saya mengambil momen lucu saat bersamanya dan saya ingin mengirim belasungkawa kepada semua keluarga dan teman. RIP,” tulis Messi dalam akun @leomessi yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Selain Messi, masih banyak lagi pesepakbola di dunia mengucapkan belasungkawa yang mendalam. Bahkan, lini masa media massa dipenuhi dengan postingan mendiang Maradona dan menjadi trending dengan tagar #RIPMaradona.

Semasa hidupnya, Maradona merupakan atlet penuh prestasi. Namun, dia juga dikenal sebagai pesepakbola kontroversi. Berikut fakta menarik tentang Diego Maradona.

Gol Tangan Tuhan

Gol Tangan Tuhan.jpg

Hal yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar kata Maradona adalah gol tangan Tuhan. Julukannya ini berawal dari sebuah peristiwa yang terjadi pada babak perempat final Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Kala itu, ketika Argentina bertanding melawan Inggris, dalam sebuah situasi duel di udara, Maradona tertangkap kamera menggunakan tangan untuk membobol gawang Inggris yang kala itu dikawal Peter Shilton.

Gol tersebut langsung menjadi kontroversi. Para punggawa The Three Lions mengajukan protes keras atas gol tersebut. Namun, wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Menariknya, dalam sesi wawancara, Maradona mengatakan bahwa bukan tangannya yang menyebabkan gol tersebut terjadi, melainkan tangan dari Tuhan. Sejak itulah, julukan ‘Tangan Tuhan’ melekat pada dirinya.

Gol Terbaik

Gol Terbaik Maradona.jpg

Setelah melakukan gol tangan tuhan, gol kedua Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 dinobatkan sebagai gol terbaik di abad ke-20. Maradona berhasil membobol gawang Inggris dengan cara yang luar biasa. Dari area pertahanan sendiri, dia mampu menembus pertahanan Inggris dengan solo run yang menawan.

Maradona berhasil melewati lima pemain Inggris, plus Peter Shilton selalu kiper. Setelah melewatinya, dia ceploskan bola ke gawang dengan kaki kirinya. Gol ini hanya terjadi 4 menit setelah gol tangan Tuhan yang ia cetak.

Legenda Klub Napoli

Maradona Napoli.jpg

Barcelona menjadi klub Eropa pertamanya. Banyak gelar yang dipersembahkan Maradona bersama Barcelona. Namun, pada 1984, manajemen Barcelona memutuskan untuk menjualnya, lantaran tak tahan dengan sikap Maradona.

Maradona pun akhirnya hijrah ke Napoli pada 1984. Karier Maradona meningkat, performa Napoli pun ikut melonjak. Puncaknya, Maradona berhasil mengantarkan Napoli merebut gelar Seri A pertama mereka di musim 1986/1987.

Dia juga sukses kembali membawa Napoli merengkuh gelar Seri A kedua di musim 1989/1990, Coppa Italia 186/87, UEFA Cup 1988/1989, dan Supercoppa Italiana 1990.

Maradona pun langsung dipuja saat bermain di Napoli. Bahkan, Maradona dianggap sebagai sosok Tuhan di Naples, markas Napoli.

Kecanduan Narkoba dan Alkohol

Maradona Narkoba.jpg

Sebagai pesepakbola, sejatinya harus jauh-jauh dari narkoba dan alkohol. Sayangnya, Maradona menjadi salah satu sepakbola yang kecanduan kokain. Ia kecanduan kokain dimulai saat sejak membela Barcelona pada 1983.

Tak hanya kokain, Maradona juga kecanduan obat-obatan dan alkohol. Akibatnya, dia sempat mengalami obesitas dan harus menjalani operasi gastaris pada 2005.

Gereja Maradona

Gereja Maradona.jpg

Maradona lebih dari sekadar legenda. Sosoknya bahkan menginspirasi berdirinya sebuah gereja di Argentina. Gereja tersebut berdiri pada 30 Oktober 1998, yang dikenal bernama Iglesia Maradoniana atau biasa disebut sebagai gereja Maradona.

Pengikut gereja tersebut berjulah 120.00 hingga 200.000 orang. Ini membuktikan bahwa Maradona legenda sepakbola yang sangat dipuja penggemarnya.

Baca Juga: Karir Sang Maestro Sepak Bola, Paolo Maldini

Baca Juga: Bambang Pamungkas Pesepak Bola yang Punya Banyak Prestasi

Baca Juga: Rahasia Kebugaran Tubuh Ala Cristiano Ronaldo


Share To


galih

galih

Nov. 26, 2020, 9 a.m.


tags : Diego Maradona Sepak Bola Entertainment RIPMaradona Legenda Sepak Bola Maradona Meninggal Maradona


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like