Musisi-Fajar-Merah.jpg

Fajar Merah Beri Nuansa Baru dalam “Ucapkan Kata-katamu”

oleh: inggil Entertainment Sunday, 25 April 2021 11:00 a.m.


Mancode - Setelah sukses merilis musikalisasi puisi Wiji Thukul “Puisi Untuk Adik”, Fajar Merah kembali meluncurkan sebuah lagu baru “Ucapkan Kata-Katamu”. Alasan musisi asal Solo tersebut memilih lagu yang sempat dipopulerkan oleh Dialog Dini Hari ini karena ada 2 hal yang menarik. Pertama, karena dirinya merupakan penggemar tulisan bapaknya dan kedua karena ia suka dengan Dialog Dini Hari.

Lagu “Ucapkan Kata-Katamu” dibawakan kembali berdasarkan aransemen musik gubahan trio Pohon Tua, Brozio dan Deny dengan menambahkan beberapa polesan. Tiupan Saxophone dari Ananda Putra serta Twin Wistle oleh Dwi Mahargini dan aransemen Strings Setyawan Cello membuat versi baru ini terdengar syahdu. Apalagi, ditambah padu padan dengan suara khas dari Bagus Dwi Danto yang sebelumnya dikenal sebagai Sisir Tanah.

“Tema dan urutan di lagu-nya sih sama dengan versi Dialog Dini Hari, cuma isian, terutama di bagian akhirnya yang berbeda,” ungkap Fajar dari press rilis yang diterima Mancode.


Sedangkan, pengerjaan artwork single-nya sendiri, Fajar memilih Ivana Kurniawati sebagai artworker. Sebelumnya, artwork tersebut sudah jadi dan ketika melihat arsip karya Ivana, Fajar tertarik dengan artwork tersebut.

Art-Work-Fajar-Merah.jpg

“Di gambar itu kan ada kayak gelembung–gelembung yang keluar dari mulut bapak, terlihat lucu, warna warni dan tidak galak. Gambar itu ku pikir mewakili musiknya dan menegaskan bahwa perlawanan itu kadang perlu hal yang manis,” jelasnya.

Ivana sendiri adalah seorang seniman dan aktivis asal Tanjung Kelor (Kalimantan Utara) yang dikenal peduli pada isu perempuan, kemanusiaan dan literasi. Ivana yang kini tinggal di Thailand, sebelumnya pernah menggambar sosok Wiji Thukul dan kemudian mempersilahkan siapa saja untuk mengunduh karya tersebut secara gratis, bahkan boleh menggandakannya.

Kembali bekerjasama dengan DoggyHouse Records, single Fajar Merah “Ucapkan Kata-Katamu” (Feat. Bagus Dwi Danto) yang direkam di Simple Plant dan mixing mastering di Pregnant Pause studio ini akan tersedia via kanal digital mulai 1 Mei 2021.

Baca Juga: Lewat “Puisi Untuk Adik”, Fajar Merah Ajak Orang Saling Bantu

Baca Juga: Lomba Sihir Rilis Album Perdana 'Selamat Datang di Ujung Dunia'

Baca Juga: Romansa di Album Romantic Echoes 'Persembahan dari Masa Lalu'




Share To


inggil

inggil

April 25, 2021, 11 a.m.


tags : Lagu “Ucapkan Kata-Katamu” Fajar Merah Dialog Dini Hari Puisi Wiji Thukul “Ucapkan Kata-Katamu” Ivana Kurniawati Berita Musik Indonesia Fajar Merah


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE