Facebook.jpg

Facebook Kembangkan Asisten Suara Digital

oleh: inggil Technology Friday, 12 July 2019 13:00 p.m.


Di era yang serba digital ini, Facebook tengah mengembangkan asisten suara digital sebagai pesaing Amazon Aleza, Apple Siri, dan Google Assistant. Dilansir CNBC pihak Facebook telah mengerjkana proyek ini sejak awal 2018 lalu. Kabarnya proyek pengembangan asisten berteknologi kecerdasan buatan ini, dipelopori oleh tim Facebook yang berbasis di Redmond, Washington.

Facebook.jpg

Dipimpin oleh Ira Snyder, selaku Director of AR/VR and Facebook Assistant. Bersama timnya tersebut dilaporkan telah menghubungi beberapa perusahaan pembuat speaker cerdas. Namun, hingga saat ini pihak Facebook belum mengkonfirmasi kapan khalayak dapat memanfaatkan asisten virtual buatannya.

Banyak khalayak memperkirakan, asisten digiral buatan Facebook ini dapat digunakan pada headset Oculus. Dengan adanya asisten digital buatan Facebook maka membuat persaingan semakin ketat dengan perusahaan lainnya yang terlebih dahulu memunculkan teknologi tersebut. Seperti yang diketahui, Apple, Amazon, dan Google telah memimpin pasar dengan asisten digital buatan mereka.

Facebook.jpg

Pihak Facebook sendiri pada tahun 2015, sempat merilis asissten kecerdasan buatan untuk aplikasi Messenger, bernama M. asisten tersebut dapat memberikan saran pada pengguna berupa teman terdekat serta pesan penting. Akan tetapi, proyek tersebut terbilang gagal karena bergantung pada bantuan manusia dan tidak berhasil menarik perhatian konsumen. Dengan sebab itu Facebook menghentikan pengembangan asisten ini pada awal 2018 lalu.

Hingga pada November 2018, Facebook mulai memasarkan perangkat vide chat terbarunya, dengan diberi nama Portal. Pengguna dapar mengucapkan kalimat “Hey Portal” untuk memberikan perintah sederhana. Meskipun mendapat perhatian masyarakat, perangkat tersebut tidak benar-benar ciptaan Facebook. Terdapat pula turun tangan dari Amazone dengan dibekalinya integrasi Aleza yang ikut dalam proses pengembangan.

Facebook.jpg

Patut dinanti asisten digital buatan Facebook terbaru ini. Di Indonesia sendiri masih banyak pengguna Facebook yang aktif. Bahkan dilansir dari Sosialnet ada lebih dari 100 juta pengguna Facebook berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Berawal dari Visi Teknologi, Ini Kisah Steve Jobs (I)


Share To


inggil

inggil

July 12, 2019, 1 p.m.


tags : Fitur Teknologi Terbaru Berita Teknologi Terbaru Fitur Facebook Assisten Digital Facebook


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like